Cara Melihat Bit Laptop Windows 10, 8, 7

Sebelumnya admin telah membahas perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit. Pada artikel kali ini admin akan membahas bagaimana cara melihat Bit Laptop Windows 10, 8 dan 7.

Ada kalanya kita lupa dengan bit laptop kita sendiri, atau saat beli baru kita tidak tahu bit yang digunakan. Padahal mengetahui bit laptop itu penting jika Anda hendak menginstal sebuah aplikasi. Pasalnya, jika basis sitem laptop Anda 32-bit, Anda tidak diperkenankan menginstal aplikasi 64-bit. Dan apabila Anda memaksa, maka kemungkinan aplikasi tidak akan bisa berjalan normal.

Jadi, sebaiknya instal aplikasi 64-bit di laptop 64-bit, apabila laptop Anda masih 32-bit, sebaiknya instal aplikasi yang memiliki spek 32-bit ke bawah.

Oke jika Anda lupa bit yang digunakan, silahkan ikuti cara-cara berikut ini:

1. Melalui Control Panel

Cara pertama sekaligus cara paling mudah melihat basis sistem bit adalah melalui control panel. Silahkan buka control panel dengan menekan tombol windows + R -> kemudian ketik “control panel” pada jendela RUN -> tekan Enter.

Kemudian akan muncul jendela Control Panel -> silahkan pilih System and Security ->kemudian pilih System. Pada jendela System ini, kamu akan melihat informasi bit yang digunakan.

melihat bit melalui control panel

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat mengetahuinya melalui modern Settings –> System –> About.

x64-based processor artinya laptop Anda 64-bit, tetapi jika hasilnya adalah x86-based processor, artinya laptop Anda menggunakan 32-bit.

2. Melalui Registry Editor

Cara kedua yang dapat Anda gunakan adalah melalui Registry Editor. Silahkan buka Registry Editor, kemudian navigasi ke path Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor\0. Pada panel kanan, Anda akan melihat tipe bit laptop melalui Identifier.

3. Melalui Command Prompt as Administrator

melihat bit melalui cmd

Cara ketiga adalah dengan menggunakan Command Prompt as Administrator. Silahkan ketik perintah “echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%” tanpa tanda kutip. Disini kita bisa melihat bit laptop kita.

Kebetulan ketika saya mencoba pada laptop saya sendiri hasil yang adalah AMD64, ini berarti bit laptop saya adalah 64-bit.

Anda juga bisa melihat bit prosessor bawaan laptop atau komputer melalui Command Prompt ketika windows belum terinstall sama sekali.

4. Melalui Propeties System

Cara keempat adalah dengan menggunakan fitur Propeties System. Silahkan masuk ke Windows Explorer -> Klik kanan Computer -> Pilih Propeties. Maka Anda akan melihat spesifikasi lengkap laptop Anda sendiri termasuk informasi bit.

5. Melalui Information System

Masih menggunakan fitur bawaan windows, cara kelima yaitu menggunakan Information System.

Silahkan klik logo windows pada pojok layar kiri laptop Anda -> kemudian ketikkan System Information -> Selanjutnya pilih System Summary -> Jendela informasi terbuka. Bit laptop Anda terletak pada System Type.

melihat bit melalui system information

6. About Windows

Sepertinya fitur ini hanya bisa dilakukan oleh Windows 10 saja, baik versi Home maupun Pro. Caranya mudah, pertama buka pencarian di Windows 10 Anda -> Kemudian ketikan kata kunci About -> Klik About your PC -> Maka akan terlihat info bit dikolom System type dari Device specifications pada jendela About.

7. Dxdiag

Cara melihat bit berikutnya adalah menggunakan Dxdiag. Menurut saya cara ini adalah cara paling mudah dilakukan. Selain mudah, kita juga bisa melihat tipe OS yang digunakan.

Caranya gampang. Pertama-tama buka RUN (tekan tombol Windows + R) -> ketikkan Dxdiag -> Enter. Maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, informasi bit terletak pada kolom Operating System.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ini mungkin agak sedikit ribet jika dibandingan dengan cara biasa tanpa bantuan aplikasi. Biasanya cara ini diperuntukkan untuk Smartphone, namun bisa juga digunakan untuk laptop.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bit laptop via aplikasi, berikut adalah beberapa aplikasi yang mungkin bisa Anda coba.

  • CPU-Z
  • Speecy
  • HWInfo
  • Astra32
  • Free PC Audit
  • dll

Berikut adalah caranya:

  1. Silahkan unduh aplikasinya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu install seperti biasa.
  3. Buka aplikasi misal CPU-Z -> pilih tab About -> Lihat bit pada kolom jendela Windows Version.
  4. Selesai.

Aplikasi pihak ketiga bersifat portable, artinya bisa digunakan tanpa harus diinstall. Cara menggunakannya adalah dengan membuka dan memeriksa bagian System.

Ada banyak cara melihat bit laptop atau komputer Windows 10,8,7. Anda bisa memilih salah satu cara di atas yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Jadi, cara mana yang akan Anda aplikasikan?

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.