Site icon Kuma Blog

Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya, Cek Disini!

Sebelumnya, kami telah membahas tentang komponen sistem operasi yang memiliki peran penting untuk menjalankan sebuah perangkat dengan lebih lancar dan stabil. Selain sistem operasi, suatu perangkat khususnya komputer didukung juga oleh perangkat keras atau disebut juga hardware. Hardware merupakan perangkat eksternal yang terdiri dari elemen elektronik dan mekanis misalnya seperti monitor, mouse, keyboard, dan lain-lain.

Ada banyak sekali macam-macam hardware komputer yang terbagi menjadi hardware primer dan hardware sekunder. Hardware primer merupakan komponen utama yang wajib terpasang pada sebuah perangkat. Sedangkan, satu harus sekunder merupakan komponen tambahan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk lebih detailnya, kami sudah merangkum macam-macam hardware dan fungsinya secara lengkap sebagai berikut!

Macam-macam Hardware Komputer dan Fungsinya

Secara singkat, hardware atau perangkat keras dapat diartikan sebagai sebuah komponen fisik eksternal yang bisa berada di dalam atau di luar suatu perangkat. Hardware biasanya terhubung dengan sistem dan menjalankan instruksi berdasarkan program yang sudah ditentukan. Sehingga, fungsi hardware beroperasi secara beriringan bersama software, sistem operasi, maupun jaringan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai macam hardware komputer lengkap dengan fungsi hardware tersebut agar kamu bisa mengoptimalkan performa dan kinerja dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan tertentu. Nah, berikut ini macam-macam hardware komputer dan fungsinya yang sudah dikategorisasi:

1. Hardware Komponen Utama atau Primer

Untuk memudahkan kamu mengenal macam-macam hardware komputer maka kami sudah mengkategorikan berdasarkan posisi dan pentingnya hardware tersebut pada sebuah perangkat. Nah, yang pertama yaitu hardware komponen utama atau primer yang biasanya wajib ada pada sebuah perangkat. Hardware komponen utama biasanya sudah terpasang di perangkat dan memiliki fungsi yang sangat berpengaruh sebagai berikut:

2. Hardware Komponen Sekunder atau Tambahan

Selanjutnya, macam-macam hardware yang akan kami bahas pada bagian ini yaitu hardware komponen sekunder atau tambahan. Hardware ini tidak selalu terpasang pada perangkat komputer sehingga user atau pengguna bisa memasang atau menambahkan perangkat ini sesuai dengan kebutuhan. Fungsi hardware sekunder biasanya untuk mendukung dan menunjang performa perangkat komputer atau laptop dengan lebih optimal.

Penutup

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang macam-macam hardware dan fungsinya berdasarkan kategorisasi hardware primer serta hardware sekunder. Kesimpulannya, hardware komputer memiliki peran penting dan berjalan secara beriringan dengan software maupun sistem operasi untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja pada sebuah perangkat terutama komputer.

Bagikan:
Exit mobile version