Macam Dioda Schottky dan Prinsip Kerja

Macam dioda Schottky merupakan salah satu dioda yang mempunyai  peranan penting dalam beberapa rangkaian.  Dioda yang satu ini terkenal juga sebagai dioda pembawa panas/dioda elektron ini mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis dioda normal pada umumnya.

Dioda schottky merupakan macam dioda dengan tegangan jatuh atau drop voltage yang rendah apabila dibandingkan dengan dioda normal lainnya.

macam Schottky diode

Macam Dioda Schottky Dan Keunggulannya

Perbedaan yang cukup signifikan adalah penggunaan logam-semikonduktor atau Metal-Semiconduktor Junction untuk persimpangan dioda schottky. Sementara pada dioda normal pada umumnya menggunakan persimpangan semikonduktor-semikonduktor (Semiconduktor-semiconduktor Junction).

Dioda schottky ini umumnya diaplikasikan pada rangkaian switching yang memiliki kecepatan tinggi, mixer, RF (rangkaian Frekuensi Radio) dan rangkaian penyearah pencatu daya.  Efek Schottky pada rangkaian adalah sebagai penghalang potensial yang terbentuk pada pertemuan logam-semikonduktor yang mempunyai karakteristik penyearah.

Prinsip Kerja Dioda Schottky

Ketika dioda schottky tidak diberikan tegangan sedang berada pada  kondisi unbiased (kondisi tanpa tegangan), tingkat energi elektron yang berada di sisi semikonduktor tipe-n ini cukup rendah apabila dibandingkan dengan tingkat energi di sisi logam.

Oleh karena itu elektron menjadi gagal mengalir melalui penghalang persimpangan yang biasa disebut dengan penghalang schottky. Namun jika dioda ini diberi tegangan bias maju (forward bias), elektron di sisi semikonduktor tipe-n akan mendapatkan energi yang cukup. Sehingga dapat melewati penghalang persimpangan dan masuk ke wilayah logam.

Elektron seperti ini masuk ke dalam wilayah logam dengan energi yang cukup besar, membuatnya mendapatkan sebutan sebagai elektron pembawa panas (hot carrier). Oleh karena itu dioda ini kerap juga disebut sebagai dioda pembawa panas (Hot Carrier Diode).

Arus listrik akan mengalir melalui dioda schottky secara bias maju  atau forward bias, jika terdapat tegangan maju yang cukup diberikan ke dioda schottky. Sehingga akan kehilangan tegangan kecil pada saat melintasi terminal dioda schottky yang disebut dengan drop voltage akibat arus listrik ini.

Kehilangan ketegangan yang terjadi pada dioda silikon atau dioda normal biasanya sekitar 0,6V hingga 0,7V, sementara drop voltage pada dioda schottky hanya berkisar 0,2V hingga 0,3V. sehingga tegangan yang terbuang saat mengaktifkan dioda silikon yaitu sekitar 0,6V hingga 0,7V dan pada schottky  0,2V hingga 0,3V.

Dapat disimpulkan dioda schottky ini mengonsumsi tegangan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan dioda normal pada umumnya. Dengan karakteristik utama adalah dapat dinyalakan (switch ON) dan dimatikan (switch OFF)  dengan cepat tanpa noise yang berlebihan dan tidak bermanfaat.

Sehingga sangat cocok utnuk diaplikasikan pada persimpangan PN yang diterapkan pada rangkaian yang memerlukan switching ON/OFF dengan kecepatan tinggi.

Keunggulan Dioda Schottky

dibandingkan dengan Apabila dibandingkan dengan dioda normal yang lainnya, komponen dioda schottky menawarkan lebih banyak keunggulan. Yang mana keunggulan ini akan membuat banyak orang lebih banyak memilihnya saat membuat rangkaian. Kelebihan yang dimiliki dioda schottky adalah sebagai berikut:

  1. Waktu Pemulihan Cepat, Keunggulan yang pertama yang dimiliki oleh dioda schottky ini adalah dapat memulihkan waktu dengan cepat. Hal ini terjadi ketika sejumlah muatan kecil tersimpan saat digunakan pada aplikasi switching yang memiliki kecepatan tinggi.
  2. Tegangan Hidup Rendah, Pada dioda yang normal atau dioda silikon biasanya memiliki tegangan standar, yaitu berkisar antara 0,6V samapai dengan 0,7V. Sementara yang terjadi pada dioda schottky memiliki tegangan yang dapat mencapai 0,2 hingga 0,3V.
  3. Kapasitansi Sambungan Rendah, Kemudian yang keunggulan yang ketiga adalah kapasitansi sambungan yang dimiliki oleh dioda schottky cukup rendah. Hal ini disebabkan area yang ditempatinya sangatlah kecil seusai dioda ini memperoleh dari kontak titik kawat silikon.

Demikianlah sekilas mengenai macam dioda Schottky yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan anda saat membuat rangkaian elektronika.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.