Site icon Kuma Blog

Kursus Digital Marketing Gratis Paling Recomended Untuk Pemula

Digital marketing merupakan salah satu aktivitas pemasaran yang menggunakan iklan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Merupakan salah satu cara  memasarkan produk yang sangat diminati di jaman modern ini.

Karena dengan menggunakan saluran media online inilah, perusahaan-perusahaan mempromosikan barang, jasa, dan merek mereka sehingga dapat dikenal luas oleh masyarakat dengan cepat.

Ketika ada permintaan maka akan ada peluang, dan digital marketing telah menjadi ujung tombak pemasaran. Hal ini disebabkan karena pada masa teknologi seperti sekarang konsumen sangat bergantung pada media digital untuk mencari informasi.

Digital marketing sendiri merupakan aktivitas pemasaran yang senantiasa menggunakan iklan melalui saluran digital. Contohnya seperti pada mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler.

Dengan mengandalkan saluran media online inilah, perusahaan-perusahaan mempromosikan barang, jasa, dan merek mereka. Agar dapat menarik konsumen yang banyak dan melirik atas produknya dan berujung kepada meningkatnya penjualan yang menguntungkan perusahaan.

Kelebihan Karir Digital Marketing

Karena semua hal sekarang ini sedang menggunakan digital marketing sehingga perusahaan-perusahaan di semua sektor mulai fokus pada perkuatan kehadiran online mereka. Untuk itulah peluang untuk menjadi digital marketer akan semakin cerah.

Dengan semakin banyaknya permintaan maka jenjang karirnya juga akan sangat menjanjikan. Tidak heran kalau karir digital marketing semakin diminati banyak orang. Berikut alasan yang dapat anda jadikan dasar untuk mempelajari keterampilan ini:

1. Banyaknya permintaan di digital marketing

Di masa sekarang hampir semua bisnis mengalokasikan anggarannya lebih banyak ke digital marketing tidak lagi ke pemasaran konvensional. Hasilnya, banyak perusahaan yang mencari tenaga pemasar digital agar dapat membantu mereka menghadapi persaingan.

2. Tidak memerlukan latar belakang pendidikan khusus

Ketika Anda menginginkan untuk menjadi digital marketer, Anda hanya perlu belajar teknik digital marketing dan banyak praktek agar menambah jam terbang dan juga menyusun portofolio. Tidak memerlukan gelar yang tinggi agar dapat memulai karir di bidang digital marketing.

3. Pilihan pekerjaan yang beragam

Jangan khawatir akan bosan, karena ada banyak sekali pilihan keahlian dalam dunia digital marketing yang dapat dijelajahi. Karena dengan  mempelajari digital marketing, Anda dapat menguasai beberapa keahlian sekaligus.

Sehingga hal ini dapat menjadi bekal dalam memilih dari beragam pilihan jabatan yang ada seperti SEO, Social Media Manager, ahli Search Engine Marketing, Analytics Manager, Content Marketing Manager, dan masih banyak lagi.

Demikianlah 3 kelebihan yang patut Anda pertimbangakan, selain itu juga masih banyak kelebihan lainnya yang sangat menggiurkan. Jangan tunggu lama-lama lagi, segeralah mengikuti berbagai kursus yang dapat Anda ikuti dengan gratis.

Baca Juga :

Tempat Belajar atau Kursus Digital Marketing Gratis

Untuk dapat belajar digital marketing dengan baik memang bukan perkara simpel, apalagi saat ini tidak ada jurusan khusus digital marketing ini pada jalur pendidikan formal. Sehingga agar dapat mempelajarinya dengan baik kesannya menjadi ambigu. Akibat tidak adanya map yang tepat untuk memandu dalam pembelajaran.

Sebenarnya memang cukup banyak yang menyediakan kursus berbayar, namun sayang sebagian besar memasang harga yang cukup tinggi. Setelah membayar mahal dan belajar ternyata yang dipelajari hanya dasar-dasarnya saja, sehingga merasa tertipu.

Nah agar tidak terjebak dengan kursus semacam itu maka Anda dapat mencoba beberapa rekomendasi kursus digital marketing gratis. Meskipun tidak semuanya namun deretan dibawah ini merupakan yang paling mudah dan terpercaya.

Namun yang harus diperhatikan adalah kelas kelas digital marketing yang disediakan gratis masih sangat terbatas. Sehingga kebanyakan kelas di bawah ini menggunakan Bahasa Inggris karena materinya berasal dari luar negeri. Sehingga pastikan Anda cukup paham bahasa Inggris sebelum memulainya.

1. Google Digital Garage

Yang pertama adalah Google Digital Garage yang merupakan salah satu kelas digital marketing untuk pemula yang dikeluarkan resmi oleh Google. Kelas ini sebagaimana namanya tentu saja membahas tentang dunia digital marketing secara garis besar, baik dimulai  dari SEO sampai Google Ads.

Tentu saja kelas ini sangat recomended untuk dipelajari oleh Anda yang sama sekali belum memiliki pengetahuan tentang digital marketing. Karena di kelasnya nanti Google Digital Garage akan mengupas tuntas mengenai digital marketing dengan detail.

Sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui apa yang harus di pelajari selanjutnya. Selain itu juga Anda akan mendapatkan keuntungan yang lainnya yakni Google Digital Garage juga menyediakan sertifikasi setelah mengikuti kelas secara gratis, lengkap sekali bukan?

2. Facebook Blueprint

Kemudian yang kedua adalah kelas resmi yang dikeluarkan oleh media sosial yang sangat populer yakni, Facebook Blueprint. Yang mana isinya  tentang tutorial produk-produk Facebook  seperti Facebook Page, Instagram, dan Facebook Ads.

Pada kursus digital marketing gratis ini Anda dapat leluasa untuk  memilih kelas yang Anda butuhkan dan mengikutinya secara terpisah. Namun sayang Facebook Blueprint ini hanya memberikan informasi dasar tentang dunia Facebook saja.

Sementara jika Anda ingin mempelajari level mahirnya sebagai lanjutan Anda tetap harus mencari sendiri informasi dari luar. Namun untuk mendapatkan sertifikasi dari Facebook Blueprint ini Anda harus membayarnya dengan biaya mulai dari 100 US Dollar per subjeknya.

3. Hubspot Academy

Kemudian yang ketiga adalah HubSpot Academy yang juga merupakan salah satu vendor CRM (Customer Relationship Software). Vendor ini memiliki basis di Amerika Serikat dan juga  juga menyediakan beragam kursus gratis di dunia digital marketing secara lengkap lewat situs academy-nya.

Anda dapat mempelajari berbagai ilmu yang sangat penting dan berguna di dunia digital marketing. Contohnya seperti Inbound Marketing, Social Media Advertising, Google Ads, dan banyak lagi. Yang membuat kelas ini menjadi lebih seru adalah kelas-kelas di HubSpot juga dilengkapi dengan workbook dan test bersertifikat yang bisa didapatkan secara gratis.

4. LinkedIn Online Course

Ketika Anda adalah seorang  pengguna sosial media LinkedIn, maka seharusnya Anda tidak asing dengan layanan kursus online gratis yang ditawarkan ini. Karena di LinkedIn, Anda dapat mempelajari dunia digital marketing secara lengkap dan sebagian besar kelasnya diselenggarakan secara gratis.

Meskipun demikian yang Anda perlu tahu Adalah, hanya kelas pemula saja yang bebas dari biaya. Saat Anda ingin melanjutkan ke kelas yang lebih tinggi, maka Anda harus berlangganan terlebih dahulu dengan biaya sekitar 300 US Dollar setiap bulannya.

5. SEMRush Academy

Kelas ini sangat cocok untuk yang merasa tertarik untuk mendalami dunia SEO. SEMRush Academy ini memberikan berbagai kursus digital marketing gratis ini khusus bagi Anda yang tertarik dengan seluk beluk mesin pencari.

Yang harus diingat lagi adalah SEMRush sendiri adalah salah satu vendor tools SEO yang ternama di dunia. Sehingga dijamin materi yang dibagikan dalam kelas yang diberikan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

SEMRush ini sangat diminati oleh banyak orang karena  juga memberikan sertifikasi setiap kelasnya secara gratis. Namun sayangnya bahwa sertifikat yang ada di SEMRush ini memiliki kadaluarsa, sehingga harus Anda perpanjang kembali setiap kurun waktu tertentu agar selalu update. Ketika Anda merasa tertarik dengan kursus digital marketing seperti ini maka Anda dapat mencobanya. Pilihlah diantara 5 tadi yang paling menarik minat Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Pelajari terlebih dahulu dengan baik agar Anda tidak menghabiskan waktu sia-sia.

Bagikan:
Exit mobile version