Site icon Kuma Blog

11 Kelebihan Kekurangan Poco M4 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

kelebihan kekurangan harga poco m4 pro 5g

Dilihat dari rekam jejak produk-produk POCO sebelumnya, banyak dirilis smarpthone berkualitas tangguh dengan spesifikasi yang mumpuni berharga terjangkau, bukan hanya banyak menarik konsumen orang dewasa, tipe smartphone seperti ini pun pastinya akan sangat menggiurkan untuk anak muda terutama diera digital yang aktif seperti saat ini.

Secara global tahun 2021 lalu Xiaomi lewat POCO memperkanlkan satu produk baru mereka di M series yang tepatnya pada November 2021 lalu dengan nama produk Poco M4 Pro 5G yang merupakan pelengkap dari varian regulernya.

Kita tahu sendiri bahwa POCO memiliki beberaia lini seri produk yang mereka tawarkan, salah satunya adalah M series yang memiliki kriteria sebagai samrtphone terjangkau dengan spek diatas rata-rata walaupun notabennya sebagai smartphone yang tidak mahal. Apakah itu sebanding? tentunya iya, kalau kita lihat rekam jejak smartphone M series seperti Poco M3 yang pernah kita bahas sebelumnya dimana smartphone tersebut hanya dijual di kisaran harga sejutaan saja, namun spek yang ditawarkan ternyata lebih dari harapan cukup.

Model dari seri terbaru Poco M4 Pro 5G ini sedikit mirip dengan M3 yang menggunakan frame kamera yang lebar di bagian belakangnya legkap dengan logo POCO yang terpampang besar, selain itu kesan elegan dan dewasa mencerminkan betul sisi bodi dari M3 Pro 5G ini.

Bukan hanya tampilan saja, ada beberapa keunggulan yang menarik untuk kamu ketahui, nah maka dari itu yuk kita bahas Kelebihan dan Kekurangan Poco M4 Pro 5G ini dibawah secara lengkap mulai dari bagian designnya, hingga aspek paling vital seperti prosessor.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Poco M4 Pro 5G

Dengan harga mulai dari Rp3 jutaan dan ada dikelas mid, smartphone ini pasti mendapatkan harapan yang tinggi dari para konsumennya sebagai gadget berkualitas yang bisa mendampingi aktivitas sehari-hari mereka seperti bermain game, sosmedan, berkomunikasi, hiburan, dan lain sebagainya.

Nah oleh karena itulah mari kita bahas Keunggulan-keunggulan yang terdapat pada Poco M4 Pro 5G ini yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum membelinya.

1. Desain bodi Klasik yang Kece

Sekilas kalau kamu pertama kali melihat Poco M4 Pro 5G ini mungkin terasa seperti berbeda dari kebanyakan smartphone lainnya, hal ini juga sama ketika kamu melihat seri M3 mungkin. Sebab disana kita bisa melihat seperti ada kotak besar yang didalamnya ada frame kamera vertikal dan logo Poco besar disampingnya.

Blok hitam ini menambah identitas Poco M4 Pro sebagai smarpthone yang berbeda dan unik, selain itu juga kita akan melihat seperti ada 5 kamera dibagian belakangnya, gimmick ini nampak jika terlihat dari aga kejauhan, padahal Poco M4 Pro ini hanya dibekali oleh 2 lensa kamera saja yang dimana ada lensa utama paling atas, dan satu lensa ultra wide diframe bawah didampingi juga dengan satu flash melingkar besar berukuran lensa,Logo AI, dan IR Blaster. hal inilah yang membuat pengguna kadang salah paham melihat konfigurasi daripada kamera Poco M4 Pro ini.

Selanjutnya kita bahas build quality dari smarpthone ini. Dengan ukuran bodi 163,6 x 75,8 x 8,8 mm dan berat 198 gram, samrtphone ini sebeanrnya tidak berat-berat amat dan tidak ringan-ringan juga, standar smartphone pada umumnya, selain itu dengan ketebalan hanya 8,8 mm tentu Poco M4 Pro ini sangat nyaman digenggam.

Baca Juga : 11 Kelebihan Kekurangan HP Poco M3, Harga dan Spesifikasi

2. Kualitas Layar Full HD yang Mengagumkan

Tidak cukup dengan bodi yang tampak keren dipandang, Kualitas layar juga menjadi hal yang spesial dari Poco M4 Pro 5G ini, bagaimana tidak smartphone ini mengemas layarnya dengan spesifikasi IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi 2.400 x 1080 piksel atau setara Full HD.

Kemudian untuk proteksi layarnya tenang, kamu tidak perlu khawatir sebab layar Poco M4 Pro 5G juga dibekali dengan lembaran Gorilla Glass yang mampu melindungi goresan maupun retakan.

Untuk kamu yang hobi bermain game atau menonton film, juga sangat cocok dengan layarnya. Sebab Poco M4 Pro 5G juga mendukung kecepataan refresh rate hingga 90Hz, ruang warna khas film DCI-P3 yang memanjakan mata , dan touch sampling hingga 240Hz.

3. Double Kamera berkualitas untuk Fotografi

Poco M4 Pro 5G ini menurut saya sangat unik, seperti yang telah saya singgung diatas bahwa kalau kita lihat secara sekilas mungkin lensa dari smartphone ini tampak memiliki 5 lensa pada bodi belakangnya, nyatanya kalau kita cermati lebih dekat hanya tersemat 2 lensa saja yakni Utama dan Ultrawide.

Walau tidak terlalu menonjolkan keunggulan ini, nyatanya Poco M4 Pro 5G hadir sebagai salah satu smartphone dengan resolusi kamera yang besar lo yakni 50MP untuk lensa utamanya yang ada dibelakang bodi yang menggunakan sensor khusus buatan Samsung ISOCELL S5KJN1 ½.76 inci dengan filter Tetracell.

Selain itu untuk Lensa ultrawidenya, ia mengandalkan sensor dari Sony IMX355 dengan resolusi 8MP f/2.2. Dengan lensa ini pastinya untuk kamu yang ingin menangkap momen yang lebih luas dengan lebar  hingga 119 derajat.

Mungkin untuk bagian belakang itu saja, kita beralih ke bagian depan dimana Poco M4 Pro 5G ini dibekali dengan lensa kamera punch hole dengan menggunakan sensor dari OmniVision OV16A1 dengan resolusi sebesar 16MP berukuran piksel 1,0µm dan filter Quad-Bayer.

4. Chipset unggulan dari MediaTek Dimensity 810

Berikutnya kita berlaih ke bagian perfroma yang menjadi andalan samrtphone ini sejak seri M3 pendahulunya, Nah di seri terbaru ini POCO membekali M4 Pro 5G dengan salah satu chip 5G terbaik yakni Dimensity 810 dengan inti CPU besar yang lebih bertenagadengan proses fabrikasi 6nm yang juga lebih efesien utnuk daya.

Chipset Dimensity 810 5G ini mengemas prosessornya dengan octa-core 2×2.4GHz Cortex-A76 dan 6x 2.0GHz Cortex-A55. Selain itu untuk Gpu atau pengelola grafisnya Poco M4 Pro 5G ini menggunakan GPU dari Mali-G57 MC2.

Terkahir untuk hal performa, Poco M4 Pro 5G ini dibekali oleh dua varian smartphone denagn RAM yang berbeda yang bertipe LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2, dua varian ini masing-masing memiliki RAM 4GB dan 6GB plus dengan Memori Penyimpanan 64GB dan 128GB.

Lalu untuk kesimpulan dari performa Poco M4 Pro 5G ini bisa kita lihat lewat skor Benchmark CPUnya yang sangat bagus terbukti ia bisa mendapatkan skor AnTuTu 8 hingga 296.721 ribu, skor ini diatas Poco M3 yang hanya 177 ribu atau bahkan Redmi Note 10 yang hanya 218 ribu saja.

5. Kapasitas Baterai jumbo 5000 Mah yang awet

Untuk melengkapi kemampuan perfroma dari Poco M4 Pro 5G ini, tentu tidak cukup performa yang ngebut untuk aktivitas berbagai hal tanpa kemampuan daya baterai yang awet dibelakangnya, sebab kalau aspek ini tidak maksimal pastinya pengguna akan selalu direpotkan dengan smartphone nya yang selalu kehabisan baterai.

Dengan Kapasitas baterai total hingga 5.000 mAh, smartphone ini diklaim mampu bertahan selama 179 jam untuk Memutar Music, 33 Jam untuk membaca, 16 Jam untuk memutar video, dan 12 jam penuh utnuk bermain game.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan kekurangan HP Poco X3 GT, Harga dan Spesifikasi

6. Kemamp10 vuan Teknologi Fast Charging 33W Pro

Kebanyakan orang mungkin mengeluhkan kalau pengisan baterainya sangat lama dan ini tentu membosankan jika harus menunggu berjam-jam hanya untuk bermain baterai saat habis. Tetapi tenang jika kamu menggunakan Poco M4 Pro 5G ini sebab selain dia memiliki kapasitas baterai jumbo dan awet ia juga dibekali dengan kemampuan teknologi fast charging.

Dengan daya Pengisan Cepat 33W Pro, Poco M4 Pro 5G ini menyandang sebagai smartphone pertama yang hadir dengan pengisan daya 33W Pro. Dimana dengan day aini pengguna bisa melakukan pengisan daya hingga penuh 100% hanya dalam 59 menit saja!.

7. Speaker Stereo yang Cukup keras

Untuk kembali melengkapi aktivitas-aktivitas gadget seperti bermain game maupun menonton film, mungkin Kualitas suara yang berkualitas menjadi salah satu hal yang bisa diperhatikan ketika memilih smartphone, Nah spesifikasi speker berkualitas ini mungkin juga bisa disematkan pada Poco M4 Pro 5G.

Dimana Smartphone ini telah dilengkapi dengan speaker ganda atau speaker stereo, untuk kamu yang masih belum tahu jadi Suara stereoponik yang keluar dari speaker stereo ini akan memberikan reproduksi suara yang muncul lebih dari satu saluran saura dan lewat sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris dan juga bertujuan untuk mendapatkan hasil suara yang natural.

8. Konektivitas yang lengkap

Poco M4 pro 5G ini sangat lengkap kalau soal urusan Konektivitas, ada berbagai fitur pendukung yang sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari. Seperti contoh ada audio Jack 3.5mm yang bisa digunakan untuk memasang headphone berkabel, ada juga slot microSD atau slot bertipe dedicated yang bisa menambah kapasitas memori penyimpanan.

Berikutnya Poco M4 Pro 5G ini juga dibekali dengan fitur NFC yang mampu digunakan untuk transaksi nirkabel, ada juga IR Blaster yang berfungsi layaknya sebagai sebuah remote universal yang bisa digunakan pengguna untuk mengontrol perangkat seperti AC, TV, atau apapun itu, berikutnya yang terakhir pastinya Poco M4 Pro ini dibekali dengan dukungan Dual 5G .

9. Harga Smartphone yang cukup Murah

Dengan penawaran spesifikasi Poco M4 Pro5G yang begitu memikat hati, pasti banyak dari kalian yang setelah membaca keunggulan-keunggulan diatas ingin membelinya. Nah lagi-lagi Xiaomi memberikan kejutan pada produk smartphone terbarunya ini dengan harga yang relatif lebih murah untuk standar spek yang ditawarkan.

Nah untuk harga sendiir, pengguna bisa mendapatkan dua varian penawaran Poco M4 Pro 5G sebagai berikut.

Kalau kita lihat-lihat harga dari smartphone ini, harganya relatif mendekati Produk Xiaomi lainnya di lini Redmi Note 11 pro yang juga menawarkan banyak keunggulan, Tetapi walaupun begitu Poco M4 Pro 5G masih cukup unggul dalam berbagai aspeknya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Poco F3, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Poco M4 Pro 5G

Meski kita bisa melihat ada banyak keunggulan yang ditawarkan Smartphone tersebut, mulai dari desainnya, layar, kamera, prosessor, baterai, dan lain sebagainya. Walaupun begitu Smartphone ini tidak luput dari kekurangan yang terlihat, apa saja kekurangan tersebut? mari kita bahas dibawah ini.

1. Absennya Lensa Makro dan Tidak ada perekaman 4K

Sayang sekali dibalik keunggulannya pada aspek kamera, ternyata Poco M4 Pro 5G memiliki kekurangan juga terutama pada konfigurasi kameranya yang hanya ada dua yakni main camera dan ultrawide camera, selain itu smartphone ini juga tidak dibekali dengan lensa macro yang mampu menangkap foto dengan fokus jelas pada jarak yang dekat.

Padahal kalau kita lihat dari produk M series sebelumnya yakni Poco M3 Pro 5G dengan harga yang lebih murah ia dibekali dengan konfigurasi tiga kamera yakni main camera, macro camera, dan depth lens. Ya walaupun begitu dengan dua lensa yang ada saat ini sudah cukup membuat Poco M4 Pro 5G bergitu unggul.

Selain itu dengan harga yang jauh lebih tinggi, smartphone ini hanya mampu membeirkan hasil perekaman sampai 1080p saja dan belum 4K layaknya pada kebanyakan smartphone dikelas harga yang sama.

2. Kapasitas baterai yang masih sama

Maksud sama disini adalah Poco M4  Pro 5G ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai 5.000 mAh, sama halnya dengan seri sebelumnya yakni Poco M3 Pro 5G yang juga 5000 mAh. Padahal kalau kita bandingkan dengan smartphone di seri yang sama dan lebih murah seperti Poco M3 reguler yang dibekali dengan kapasitas baterai 6000 mAh ini sangat jauh.

Walaupun begitu kapasitas ini masih cukup dan bisa bersaing dikelas harga yang sama, meski yang lebih murah itu masih banyak dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Baca Juga : 7 Smartphone Poco Terbaik dan Canggih 2022

Spesifikasi Poco M4 Pro 5G

Kesimpulan

Saya selalu suka ketika membahas salah satu produk dari Poco ini, apalagi setiap produk pada seri M yang terkenal dengan kualitas serta harganya yang cukup terjangkau dikantong, yang dimana ini juga relate sekali untuk pengguna anak muda yang menginginkan Smartphone berspesifikasi oke diharga 3 jutaan.

Poco M4 Pro 5G ini memiliki banyak keunggulan yang cukup bagus dipertimbangkan, penawaran seperti layar berpanel LCD dengan kecepataan refresh hingga 90Hz, Hasil tangkap dari lensa kameranya yang oke, Prosesor andalan dari Mediatek Dimensity 810, kapasitas baterai 5000mAh, serta dukungan teknologi fast charging super kencang yang turut menjadi pelengkap.

Walau jujur ada banyak smartphone direntang harga yang sama dengan tawaran yang hampir serupa, namun tetap kalau Poco M4 Pro 5G ini secara konsisten dari aspek luar sampai jeroan memang bagus dan unggul.

Meski ada beberapa kekurangan yang terlihat disana, namun itu tidak terlalu menganggu penggunaan sehari-hari kita terhadap gadget, secara kesimpulan Smartphone Poco M4 Pro 5G ini sangat cocok untuk kamu yang hobi bermain game, fotografi, mendengarkan musik sampai menonton film.

Bagikan:
Exit mobile version