Site icon Kuma Blog

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone SE (2020), Harga dan Spesifikasi

Setelah sukses dengan Generasi pertamanya yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 lalu, iPhone SE kini meluncurkan versi teranyar dari smartphone mereka pada 2020 lalu. Dimana ini adalah kelanjutan dari generasi sebelumnya. Mungkin kita tahu sendiri iPhone SE (2016) pada saat itu dirilis dengan harga hanya Rp 6 jutaan saja, hal ini tentu berbeda dari biasanya sebab produk-produk iPhone lainnya dibandrol dengan harga Rp 9 jutaan keatas.

Tetapi untuk varian SE ini dihargai dengan harga yang cukup terjangkau, hal ini juga masih dibawa pada varian teranyar mereka yakni iPhone SE 2020 yang memiliki harga murah, tetapi perlu kamu garis bawahi bahwa ini bukanlah smartphone yang murahan, Kualitas dan spesifikasi tetap menjadi andalan produk Apple ini.

Smartphone yang secara resmi rilis pada Oktober 2020 lalu ini menambah portofolio dari Apple untuk produk iPhone mereka. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan cukup cocok untuk kamu yang menginginkan smartphone iphone untuk penggunaan yang ringan dan tenang. Oh ya generasi baru SE ini juga memiliki banyak fitur yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya yakni iPhone 6s yang rilis juga lebih dulu.

Tetapi tetap saja sebagai salah satu smartphone generasi kedua dari iPhone SE, smartphone ini cukup andal digunakan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan multitasking sekalipun. Benarkah demikian? Nah untuk membuktikannya mari kita bahas tentang iPhone SE (2020) ini dalam pembahasan kelebihan dan kekurangannya, simak sampai selesai!.

Baca Juga :

Kelebihan Smartphone iPhone SE (2020)

Karena sebuah generasi lanjutan dari iPhone SE sebelumnya, tentunya banyak yang berharap generasi terbaru ini dapat memberikan berbagai perkembangan pada beberapa spesifikasi dan fiturnya sehingga dapat memuaskan para pengguna. Sejatinya iPhone SE 2020 milik Apple ini terdapat beberapa keunikan sendiri dibandingkan smartphone lainnya, oke daripada berlama-lama langsung saja kita bahas Kelebihan dari Iphone SE 2020 dibawah ini.

1. Dibekali dengan chipset berkelas dan Performa andalan

Walau hadir di rentang harga yang sangat terjangkau, tetapi tidak membuat kemampuan performa yang ditawarkan iPhone SE ini lemah, sebab prosesor yang digunakannya adalah Apple A13 Bionic dimana chipset ini sama dengan yang digunakan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, walau kalau kita bandingkan anatra kedua smartphone SE dan iPhone 11 sangat beda jauh perbandingan harganya.

Ini adalah langkah yang berani dari Apple, walau memiliki ukuran smartphone yang tidak terlalu besar tetapi kalau kita lihat jeroannya pasti akan terkagum-kagum dengan prosesor yang dibawanya, artinya dengan memiliki iPhone SE 2020 ini kamu bisa menikmati kinerja smartphone yang cepat dan responsif.

Apple tampaknya sangat serius dalam menggarap smartphone ini, terlihat dari beberapa peningkatan kinerja yang meningkat sambil tetap menjaga biaya dari smartphone tetap terjangkau.

Contoh untuk membuktikan keandalan performa dari Iphone SE ini ketika digunakan untuk mengekspor iMovie dengan kualitas 1080p. Techradar membandingkan kecepataan ekspor antara iPhone SE dengan iPhone 11 Pro max dan hasilnya kecepatan yang diberikan setara dan tidak ada yang lebih baik atau buruk.

Perbandingan lain juga dilakukan antara iPhone 8 plus dengan iPhone SE ini, ketika digunakan untuk mengompresi dan mengekspor film ke ukuran yang lebih kecil, performa iPhone SE 2020 mengelola tugasnya dengan lebih cepat dibandingkan iPhone 8 plus.

Lalu bagaimana untuk pengujian benchmark? Nah skor benchmark yang didapatkan oleh iPhone SE ini menunjukkan skor single-core yang lebih rendah yakni 1332, sementara untuk multi-core adalah 3385. Skor ini bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S20 Ultra yang menggunakan chipset Exynos 990 dengan hanya memiliki skor single-skor 913 dan multi-core 3256 saja. Perbandingannya lumayan untuk single core padahal kalau kita bandingkan harga dari kedua smartphone ini Galaxy S20 Ultra lebih mahal dua kali lipat dari pada Iphone SE yakni dengan harga Rp 18 jutaan.

2. Layarnya menggunakan Retina Display yang Cerah

iPhone SE 2020 secara desain dan tampilan sebenarnya sangat mirip dengan iPhone 8 tahun 2017. Beberapa spesifikasi dari layar iPhone SE ini dirancang sedemikian rupa agar Apple dapat menjaga biaya perangkat ini serendah mungkin, walau begitu kita akan tetap mendapatkan kualitas layar yang oke dari iPhone SE 2020 ini.

Berbeda dengan pendahulunya yakni iPhone SE 2016 yang menggunakan layar berukuran 4 inci. Nah kali ini di seri yang lebih baru yakni iPhone SE 2020 secara ukuran meningkat menjadi 4,7 inci dengan bezel yang masih tebal dengan tampilan atasan dan bawahannya yang masih sama persisi seperti sebelumnya.

Layar IPS LCD ini juga sudah mengusung retina display yang menjadi standar agarmata kamu tetap segar dan sehat ketika melihat layar dari iPhone SE ini. Sementara aspek lain juga nampak dari fitur True Tone yang merupakan sebuah warna pada layar yang bisa disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan disekitarnya, tentu ini sangat membantu sekali.

3. Adanya dukungan Wireless Charging

Teknologi pengecasan dari waktu ke waktu terus mendapatkan pembaruan dan peningkatan, ada banyak invoasi pengecasan yang ada saat ini, seperti contoh ada teknologi pengecasan cepat atau fast charging, dan ada juga yang dnamanya Wireless charging yang merupakan inovasi untuk mengecas nirkabel terbaru saat ini.

Teknologi Wireless charging biasanya terdaat pada smartphone flagship yang dibandrol dengan harga yang mahal, tetapi dengan harga iPhone SE kamu sudah bisa membawa sebuah samrtphone canggih yang dapat mengisi baterainya secara nirkabel yakni menggunakan Wireless charging.

4. Hasil bidikan kamera yang oke

Ya iPhone SE 2020 ini sangat mumpuni dalam setiap aspeknya, terutama kamera. Kualitas bidikan dari kamera ini diyakini sulit untuk dibedakan dengan iPhone 11 dalam kebanyakan kasus. Hanya saja iPhone SE ini tidak dibekali dengan mode Malam saja.

Smartphone ini memiliki konfigurasi lensa tunggal seperti iPhone 8 sebelumnya dengan 12 MP resolusi, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 7 MP. Seperti yang saya singgung diatas beberapa kasus kualitas bidikannya mirip dengan iPhone 11 tetapi kamu tidak akan menemukan lensa ultra-wide seperti yang dimiliki iPhone 11 atau lensa telefoto seperti yang dimiliki iPhone 12 Pro.

Seperti yang disebutkan oleh situs Techradar, bahwa fitur make-or-break yang ada pada iPhone ini adalah kamera iPhone SE dan seberapa baik kinerjanya dalam penggunaan sehari-hari, Sebab ada beberapa perangkat keras “lama” yang ada didalamnya. Nah dari sini lah Apple bertaruh terhadap kualitas foto dari kamera iPhone SE ini lewat pemrosesan gambar yang ditenagai oleh chipset A13 Bionic mereka.

Beralih ke bagian perekaman, iPhone SE ini dapat merekam video dengan kualitas 4K sampai 60 fps, dengan konfigurasi seperti itu kamu sudah bisa menikmati kualitas prekeman dengan dynamic range yang diperluas, detail yang lebih dalam, dan sorotan yang lebih baik tentunya.

Secara kesimpulan kemampuan jepret dari kamera Iphone SE 2020 ini cukup berkualitas, peningkatan kertajaman, reproduksi wanra yang lebih akurat, foto yang lebih baik secara keseluruhan dalam beberapa kondisi, dan lain sebagainya.

5. Dukungan IOS 13 (Update IOS 15)

Apple mempunyai sistem operasinya sendiri yang dinamakan IOS, nah versi IOS yang digunakan pada Iphone SE 2020 ini adalah versi 13. Dimana Iphone SE memiliki banyak fitur yang ada di IOSnya ini seperti Mode gelap, pintasam siri, aplikasi foto terbaru, pembaruan fitur keamanan, dan lain sebagainya.

Tetapi menariknya Iphone SE juga masuk list kedalam smartphone yang bisa memperbarui versi IOSnya ke yang lebih baru, yakni versi 15. Untuk melakukan update IOS 15 ini kamu hanya perlu masuk ke pengaturan dan mengklik Software Update, disana kamu akan menmeukan peringatan untuk Upgrade to IOS 15.

Menurut halaman resmi dari pembaruan IOS 15 ini kabarnya sistem operasi teraru dari Apple dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru yang memudahkan penggunanya agar terhubung dengan orang lain, fokus, menjelajahi dunia, dan menggunakan teknologi kecerdasan cangih untuk melakukan makin banyak hal dengan Iphone.

Nah fitur fitur keren yang ada pada IOS 15 seperti, Face Time, Pesan dan Memoji terbaru, Notifikasi yang didesain ulang dengan tampilan yang lebih kekinan, fitur Peta bawaan, selain itu ada juga teknologi AI yang dapat membuka kunci rumah, garasi, kamar hotel, dan ruangan hanya dengan Iphone. Dan masih ada banyak lagi pembaruan keren pada IOS 15 ini, silahkan kunjungi situs resminya langsung Apple iOs  untuk mengintipnya.

6. Harganya sangat terjangkau untuk sekelas iPhone

Ketika membeli sebuahh smartphone baru pasti yang pertama kamu tanyakan adalah Harga. Ini tidak terlepas dari kita yang meninginkan sebuah smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau, dan tentunya pengguna ingin membeli sebuah perangkat yang ia rasa sepandan dengan harganya.

Mungkin banyak yang berpikir smartphone dari Apple (iPhone) banyak yang memiliki harga yang tinggi, iya memang benar hal tersebut, tetapi ada juga lo yang memiliki harga yang terjangkau yakni Apple iPhone SE 2020 ini, walaupun memiliki harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp 6 jutaan dapt balue yang akan kita dapatkan lebih dari yang kita sangka, banyak aspek dari iPhone SE 2020 ini yang lebih unggul bahkan dari penerus-penerus iPhone.

Kekurangan Smartphone iPhone SE (2020)

Setelah membaca beberapa kelebihan yang ditawarkan iPhone SE ini, apakah sepenuhnya kamu percaya bahwa smartphone ini tidak memiliki kekurangan? tentu saja kekurangan pasa setiap produk smartphone itu pasti ada saja, nah untuk mengetahui kekurangan dari iPhone SE 2020 mari simak pembahasan dibawah ini agar nanti ketika membeli bisa dipertimbangkan terlebih dahulu.

1. Bezel pada layarnya terlalu besar

Bezel atau ruang yang biasanya ada dipinggiran layar pada iphone SE 2020 ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memakan ruang. Mungkin jika kamu memperhatikan tren layar smartphone terkini hampir banyak yang tidak menyisakan ruang kosong atau bezel yang terlalu besar, hal ini guna memberikan immersion yang optimal dan memuaskan ketika pengguna bermain game, menotnon film, atau aktivitas display

Namun Iphone SE 2020 kali ini walau memiliki ukuran smarpthone yang lebih besar, tetapi bezel yang memakan ruang atau besar ini tetap ada seperti layaknya versi pendahulunya 2016 lalu. Bezel kiri kanan dan atas bawah sama-sama berukuran lumayan, pada bagian atasnya mungkin untuk ruang kamera depan walau tidak terlalu besar, jika dibawah terdapat tombol yang disandikan dengan fingerprint.

2. Kamera tidak memiliki fitur Night Mode

Sangat disayangkan, meski smartphone iPhone SE 2020 ini sangat andal untuk mengambil gambar disiang hari tetapi ada minus ketika digunakan untuk mengambil gambar pada malam hari, sebab tidak adanya Night mode yang ada sehingga kalau kita menjepret gambar dimalam hari hasilnya akan sangat gelap dan berbeda. Walaupun kamu juga masih bisa bergantung dengan lampu flash sebagai pencahayaan utama tetapi hal ini dianggap kurang maksimal hasilnya. Kualitas foto tanpa mode malam ini pun pernah dites oleh situs Tomsguide.com dimana ia membandingkan hasil potret saat malam hari menggunakan smartphone iPhone SE dan Pixel 3a, dan ini perbedaannya.

3. Desain bodi smartphone yang kecil

Walau meningkat ukurannya daripada Iphone SE 2016 sebelumnya, yang sebelumnya hanya 4 inci kini menjadi 4,7 inci ukuran dimensi layarnya. Yha tentu peningkatan dimensi ini dibarengi dengan peningkatan dimensi bodi juga, Iphone SE 2020 memiliki dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm.

Mungkin ini optional dan kembali lagi ke masing-masing, sebab ada yang nyaman menggunakan samrtphone berukuran kecil dan ada yang tidak nyaman menggunakannya. Dengan harga bandrol mulai dari Rp 6 jutaan, tentu kalau kita bandingkan dengan smartphone lain yang bukan iPhone, dengan harga ini kamu sudah bisa membawa smarpthone berdimensi lebih besar dan lebih lebar.

4. Kapasitas Baterai yang kecil

Baterai menjadi sebuah aspek dasar yang menopang sebuah smartphone agar bisa digunakan oleh penggunanya, semakin besar kapasitas baterai tentu akan semakin awet pula smartphone tersebut ketika digunakan. Nah iPhone Se 2020 ini hanya ditenagai dengan baterai berkapasitas 1.821 mAh saja, kapasitas sama dengan iPhone 8 walau beberap jeroannya berbeda.

Lalu apakah baterai sebesar ini cukup awet untuk dgunakan sehari-hari? Oke berikut waktu yang diklaim iPhone untuk produknya ini. Dalam kapasitas 100% iPhone SE dapat bertahan selama 10 jam untuk panggilan 3G, 13 jam untuk browsing, 9 jam untuk menonton video, dan ketika digunakan untuk siaga bisa tahan sampai 59 jam.

Untuk kemampuan chargingnya sendiri iPhone SE 2020 memiliki pengisan daya yang sama dengan iPhone 11 pro yakni berdaya 18 W. Dalam waktu 30 menit smartphone ini terisi 57%, sedangkan untuk pengisian sampai penuh 100% membutuhkan waktu sekitar 100 menit.

Harga iPhone SE (2020)

Harga dari smartphone iPhone SE 2020 ini cukup terjangkau sekali untuk produk Apple, jika disetarakan mungkin iPhone SE ini ada di kelas mid-range dan spesifikasi yang ditawarkan mungkn ya masih okelah.

Di pasar indonesia pada akhir tahun 2021 saat ini, Harga dari iPhone SE (2020) dibandrol dengan harga Rp 6.399.000 untuk varian kapasitas 64 GB, Rp 7.399.000 untuk 128 GB, dan Rp 9.399.000 untuk varian penyimpanan tertinggi yakni 256 GB.

Harga dan Spesifikasi iPhone SE (2020)

Kesimpulan

Sampai juga penghung artikel kali ini, bagaimana menurut kamu tentang kelebihan dan kekurangan dari iPhone SE, apakah cukup seimbang atau perlu pertimbangan lagi untuk membelinya? Baik, itu kembali lagi ke masing-masing. Menurut saya kelebihan yang ditawarkan pada smartphone ini cukup unggul dan mengejutkan, tetapi hal itu juga diimbangi dengan beberapa kekurangan yang bisa kamu lihat diatas, hal in bisa menjadi deal-breaker untuk sebagian orang. Tetapi hal itu kembali lagi apakah kamu cocok dengan sejumlah kelebihan luarbiasa yang ditawarkan iPhone SE 2020 ini.

Pertama kita singgung dulu perfroma chipset yang digunakannya. Yhap dengan menggunakan chipset Apple A13 Bionic ini iPhone SE dapat bersaing dengan produk lainnya dari Apple atau bahkan dari kompetitor lainnya. Chipset ini bahkan dianggap lebih unggul daripada Samsung Galaxy S20 Ultra yang menggunakan Exynos 990, hal inilah yang semakin menunjukkan keistimewaan daripada smartphone ini. Hal lain yang menarik perhatian adalah performa bidi kameranya di siang hari yang katanya hampir menyamai kualitas bidik dari iPhone 11.

Walau iPhone SE ini memiliki layar dan body yang terkesan kecil dan tampak seperrti model desain smartphone keluaran lama. Namun itu tidak menjadi kekurangan yang berarti, kamu hanya perlu membiasakan diri saja, Tampilan mungkin kurang tetapi lihatlah jeroan dan spesifikasi yang ditawarkannya, cukup untuk memenuhi hasrat para pengguna smartphone.

Bagikan:
Exit mobile version