Evolusi Komputer dari Generasi Pertama Sampai Saat Ini

Sebelumnya, kami telah membahas tentang sejarah sistem operasi dan perkembangannya sehingga pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini. Perkembangan komputer dari generasi ke generasi semakin memberikan kemudahan untuk berbagai aktivitas manusia. Pada dasarnya evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini terdiri dari 5 generasi.

Setiap generasi memiliki perkembangan yang cukup signifikan yang sebelumnya hanya digunakan sebagai alat hitung dan aritmatika saja, namun saat ini sudah sampai pada level yang lebih canggih dan terus mengalami inovasi. Memahami evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini dapat membantu kamu mengetahui cara kerja dan bagaimana proses pengembangan komputer maka berikut ini penjelasan lengkapnya!

Evolusi Komputer dari Generasi Pertama Sampai Saat Ini (Generasi 1-5)

Perkembangan komputer dari generasi ke generasi dimulai pada tahun 1940-an yang bisa disebut sebagai perangkat digital elektronik yang masih memiliki fungsi sangat terbatas. Untuk memahami lebih detail setiap generasi komputer dan evolusinya maka berikut ini kami sudah merangkum evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini yang terdiri dari generasi komputer 1 hingga generasi komputer 5 sebagai berikut!

1. Generasi Komputer 1: 1940-1959

Generasi komputer pertama mulai dilakukan pada tahun 1940 hingga 1959, komputer pada periode ini masih berjenis tabung vakum yang berfungsi sebagai komponen utama dengan berat 30 ton. Pada generasi ini, komputer masih sangat tidak efisien karena membutuhkan banyak tenaga dan panas yang berlebihan. Bahasa yang masih digunakan pun bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh perangkat komputer itu sendiri.

Adapun fitur generasi komputer pertama yaitu memiliki umur simpan kecil, proses lambat, diperlukan pendingin dengan suhu tajam, serta ukuran perangkat sangat besar. Generasi komputer pertama menggunakan tabung vakum sebagai sirkuit dan drum magnetik sebagai penyimpanan memori sehingga penggunaannya sangat sulit dan mahal. ENIAC, mesin von neumann, dan UNIVAC merupakan contoh komputer generasi pertama:

komputer generasi pertama univac electronic computer

A. ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Calculator

ENIAC menjadi salah satu contoh perkembangan komputer generasi pertama yang dirancang pada tahun 1942. Komputer ini merupakan digital elektronik yang dimanfaatkan untuk kebutuhan yang umum dan mulai dibuat tahun 1943 oleh Dr. John Mauchly dan John Presper. Proses penyelesaian komputer generasi pertama ini memakan waktu hingga 3 tahun dan selesai pada tahun 1946.

Spesifikasi ENIAC tentu saja masih belum optimal karena memiliki ukuran yang sangat besar dengan kapasitas ruang 500 meter2. Daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer ini sekitar 140 kilowatt dengan 18 ribu tabung hampa udara, 75 ribu saklar dan relay, 70 ribu resistor, dan 10 ribu kapasitor. Dengan kata lain, ENIAC kurang kompatibel dan fleksibel sehingga penemu dan pengembangnya mulai memikirkan inovasi lain.

B. Mesin Von Neumann

Mesin von neumann mulai dikembangkan pada tahun 1945 oleh John Neumann yang juga terlibat pada proyek ENIAC sebagai konsultan. Mesin ini mengembangkan gagasan berupa score program konsep atau konsep yang mempermudah proses pemrograman agar bisa dipresentasikan ke dalam bentuk yang cocok sebagai penyimpanan dalam memori semua data.

Setelah rampung, mesin ini dipublikasikan oleh Newman dengan nama EDVAC atau Electronic Discrete Variable Computer. Pada tahun 1947 mesin ini mulai dikembangkan dengan berbagai revisi yang disesuaikan sehingga terus berganti nama menjadi UNIVAC I dan II. Pengembangan ini disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik yang terprogram modern dan disediakan secara komersial dengan menggunakan RAM.

C. UNIVAC atau Universal Automatic Computer

Konsep mesin von neumann dinilai berhasil dengan berbagai perbaikan dan pengembangan sehingga John Neumann disebut sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang mana konsepnya masih digunakan dan bermanfaat hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman pada tingkat lanjutan pada pertengahan tahun 1950.

UNIVAC mulai disebut sebagai komputer general purpose pertama yang memiliki desain angka dan huruf serta menggunakan pita magnetik untuk media input dan outputnya. Sejak saat ini, kemunculan industri generasi komputer pertama mulai didominasi oleh dua perusahaan yaitu IBM dan Sperry. Sehingga, untuk pertama kalinya pada tahun 1951 UNIVAC digunakan untuk kepentingan kalkulasi sensus di Amerika Serikat.

2. Generasi Komputer 2: 1959-1964

Evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini yaitu generasi kedua sudah mulai menggunakan tabung dan teknologi transistor sebagai komponen utama. Komputer generasi 2 terjadi tahun 1959 sampai 1965 dengan beberapa kelebihan seperti ukurannya yang lebih kecil, tingkat kegagalan minimal, dan tidak terlalu panas. Sehingga, generasi ini komputer sudah mengalami perkembangan yaitu menggunakan bahasa FORTRAN dan COBOL.

Adapun fitur dari generasi komputer pada periode ini yaitu proses operasinya sudah lumayan cepat memiliki bahasa pemrograman yang tinggi, bisa menjalankan proses real time, sudah mengembangkan memori skor magnetik untuk memori utama, penggunaannya sudah efisien untuk manajemen bisnis dan teknis. Generasi komputer 2 bisa dibilang sebagai generasi yang sudah fleksibel dengan kinerja dan biaya yang dapat disesuaikan.

komputer generasi kedua univac III electronic computer

Konsep generasi komputer kedua memungkinkan efektivitas yang lebih bermanfaat dari generasi komputer sebelumnya di mana pada periode ini komputer sudah mampu untuk mencetak faktur pembelian, desain produk, dan menghitung gaji. Hal ini tidak terlepas dari bahasa pemrograman yang digunakan yaitu dan Formula Translator (FORTRAN) dan Common Business Oriented Language (COBOL).

Sehingga, pada fase ini UNIVAC mengalami perkembangan signifikan menjadi UNIVAC III yang memiliki transistor lebih baik dan efisien sebagai switch yang bisa diperkecil ke mikroskopik skala. Kesimpulannya, pada generasi komputer kedua menandakan munculnya mini komputer yang lebih efisien dengan harga yang murah. Bahkan, pada fase ini kamu sudah bisa menggunakan komputer sebagai pengolahan data secara komersial.

3. Generasi Komputer 3: 1964-1970

Memasuki generasi komputer ketiga pada tahun 1959-1964 sudah menggunakan bentuk transistor lebih kecil lengkap dengan resistor dan kapasitor yang diletakkan di IC. Konsep ini dikembangkan oleh ahli listrik yaitu Jack Kilby sehingga penggunaannya semakin efisien, cepat, dan murah. Contoh dari komputer generasi ketiga ini yaitu PDP 8, PDP 11, ICL 2900, IBM 360 dan 370.

Adapun fitur pada komputer generasi ketiga ini memiliki kapasitas memori yang lebih besar, sudah memiliki update software, menggunakan terminal visual untuk suara, dan memiliki IC dengan performa yang tinggi. Hasil yang dicapai oleh generasi komputer ketiga ini tentu tidaklah mudah dan harus melalui berbagai uji coba. Bayangkan saja, komputer generasi ketiga ini mencoba untuk menggabungkan ribuan transistor menjadi ukuran yang kecil (IC).

komputer generasi ketiga PDP 8 new

Pada fase ini, komputer tidak perlu menggunakan kapasitas ruang maupun memori yang besar karena sudah menggunakan sistem bilangan biner. Sehingga, jutaan bit informasi berada dalam satu IC tunggal yang sangat kecil yang tidak menguras biaya. Terobosan ini memacu setiap orang untuk terus mengembangkan generasi komputer ketiga menjadi lebih maksimal dan optimal dalam berbagai aktivitas manusia.

4. Generasi Komputer 4: 1970-1980

Selanjutnya, komputer generasi keempat dimulai pada tahun 1970-an hingga pada tahun 1980 perusahaan IBM mulai berinisiatif untuk membangun komputer personal atau PC secara massal. Kemudian, pada rentang waktu yang tidak jauh berbeda perusahaan Apple mulai merilis macintosh yang selanjutnya terus berkembang dan memasuki era mikroprosesor. Hadirnya mikroprosesor menjadi inovasi lahirnya internet yang saat ini sangat dibutuhkan.

Kemudian, perangkat komputer pada generasi ini masih menggunakan tampilan monitor yang berwarna hijau saja dengan chip sebagai memorinya. Adanya berbagai perkembangan pada generasi komputer keempat juga menentukan arah baru untuk mulai menggunakan perangkat yang kompatibel dan dirancang bisa digunakan siapapun dan dimanapun. Oleh karena itu, lahirlah beberapa komputer generasi keempat seperti IBM Pentium dan Apple II.

Inovasi ini disambut oleh semua orang, terbukti dengan meningkatnya penggunaan PC hingga 5,6 juta pada tahun 1982. Dalam rentan waktu 10 tahun, penggunaan PC mencapai 66 juta pengguna yang membuat lahirnya inovasi perangkat yang lebih fleksibel dibanding PC seperti laptop. Seiring berkembangnya waktu, penggunaan komputer menjadi sangat penting pada sektor bisnis maupun industri.

Sehingga, evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini menciptakan cara-cara baru untuk menghubungkan penggunaan komputer pada jaringan bersama. Sehingga, setiap orang yang memiliki kepentingan yang sama dapat berkolaborasi secara real time. Berikut ini ciri-ciri yang menandai evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini yaitu generasi keempat:

  • Menggunakan mikroprosesor dimana chip mikroprosesor memiliki jumlah transistor hingga ribuan dan berbagai macam elemen sirkuit yang terhubung satu sama lain
  • Intel menjadi perusahaan yang berpengaruh pada perkembangan chip mikroprosesor sehingga berhasil menciptakan Intel 4004
  • IBM mulai menciptakan desain komputer rumahan yang kompatibel
  • Perusahaan Apple mulai merilis macintosh sebagai sistem operasi pada perangkat komputer
  • Adanya graphical user interface atau GUI
  • Mulai ada inovasi komputer yang fleksibel dan bisa dibawa kemana-mana seperti laptop
  • Menggunakan LSI atau Large Scale Integration
  • Sudah menggunakan semikonduktor dan chip sebagai memorinya
  • Sudah mulai dipasarkan pada sektor perorangan

5. Generasi Komputer 5: 1980-Sekarang

Evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini ditandai dengan munculnya teknologi Artificial Intelligence atau AI. Teknologi ini disebut sebagai teknologi kecerdasan buatan yang bisa membantu aktivitas manusia dengan lebih kompleks. AI memungkinkan proses input dan output dengan lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga bahasa yang digunakan sudah sangat tinggi yaitu bahasa manusia sehari-hari.

Pada generasi komputer kelima, teknologi yang dimiliki sudah sangat mumpuni sehingga komputer dapat beradaptasi dengan situasi dan mengenal lingkungan dengan baik. Pengembangan komputer ini dimulai dari perusahaan Microsoft milik Bill Gates yang mempelopori penggunaan software dan hardware di seluruh dunia. Pada era ini, sudah banyak perangkat yang hadir dengan berbagai inovasi seperti notebook, tablet, dan lainnya.

komputer generasi kelima

Evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini memungkinkan setiap orang berpikir bahwa akan muncul komputer generasi selanjutnya yang lebih canggih dan dapat melakukan apapun. Bahkan, saat ini teknologi robot di berbagai aspek kehidupan sudah mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan. Misalnya robot dalam bidang telekomunikasi dalam bidang transportasi, robot dalam bidang industri, dan sebagainya

Menariknya, ilmuwan saat ini sudah mulai memprediksi bahwa di masa depan akan ada teknologi komputer berbasis biochip dari bahan protein sintetis yang dapat membuat robot layaknya seperti manusia tiruan. Bahkan kok mati teknologi ini sedang dikembangkan pada fase mikrotik dan input audio yang terus dirancang sesuai dengan harapan para ahli untuk menjadikan komputer sebagai teknologi yang dapat berguna sepanjang masa.

Perkembangan komputer dari generasi ke generasi memang menunjukkan peningkatan yang sangat dinamis. Hal ini tidak terlepas dari usaha para penemu, pengembang, perusahaan, serta ilmuwan yang terus berupaya untuk menjadikan komputer sebagai sebuah perangkat yang dapat memudahkan manusia. Hingga pada generasi kelima ini, beberapa hal yang menandai era komputer pada masa modern ini sebagai berikut:

  • Mengalami proses yang cepat dan setiap waktu pasti ada inovasi baru entah itu hardware maupun softwarenya
  • Komputer sudah memiliki kemampuan layaknya manusia seperti berbicara, melihat, mendengar, mengingat sehingga bisa merespon berbagai hal yang rumit sekalipun
  • Komputer tidak lagi berfokus pada kegiatan ekonomi dan bisnis saja, namun sudah menyentuh pada kehidupan sehari-hari manusia
  • Komputer tidak lagi tentang perangkat saja, hal pendukung lainnya seperti jaringan, internet, dan berbagai macam inovasi lainnya
  • Penyimpanan atau memori komputer tidak hanya berbentuk fisik saja namun sudah pada level cloud

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa kami rangkum tentang evolusi komputer dari generasi pertama sampai saat ini yang ternyata memiliki 5 generasi sejak tahun 1940 hingga sekarang. Setiap generasi komputer mengalami perkembangan yang cukup signifikan hingga kecanggihannya bisa kita nikmati sampai saat ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *