Cara Back Up Data Android ke PC

Di era modern ini, hampir seluruh file serta data penting banyak yang disimpan melalui smartphone atau sejenis hp android. Oleh karena itu, selalu ada kemungkinan kehilangan data pada perangkat. Cara back up data android ke PC, kemudian menjadi alternatif pengamanan untuk setiap perangkat yang digunakan.

Saat ini, hampir seluruh file maupun data penting banyak yang disimpan melalui smartphone atau android. Kemudahan yang ditawarkan pun, sejalan dengan resiko bagi para penggunanya.

Biasanya, data diamankan ke dalam flashdisk atau sejenis perangkat keras guna menyimpan sekaligus memindahkan data dengan cepat. Namun, ponsel juga punya banyak kelebihan dalam proses penyimpanan.

Tak hanya mudah dibawa, ponsel juga memungkinkan penyimpanan memori dengan semua jenis file baik itu video, musik, dokumen dan sejenisnya. Dalam hal ini, android kerap punya peran penting sebagai media penyimpanan.

cara backup data android ke pc

Sebab Kehilangan Data dan Cara Back Up Data Android ke PC

Sebab kehilangan data umum, bisa karena kerusakan pada memori, virus atau bahkan kehilangan perangkat ponsel secara menyeluruh. Oleh karena itu, sebagai pengguna Anda harus mem-back up ponsel di android. Supaya, data penting yang ada di dalamnya tetap berperan penting.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Di Android Dengan Cara Backup

Upaya back up juga sangat diprioritaskan untuk menyimpan data yang sifatnya pribadi dan tak boleh dipublikasikan atau dilihat khalayak umum. Waktu back up biasanya memakan cukup banyak waktu, terutama jika dilakukan dalam sekali proses. Terlebih lagi, jika ukuran file yang akan dipindahkan cenderung besar.

Cara Backup Data Android ke PC

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan Easy Backup and restore, untuk selanjutnya dipindahkan ke dalam pc atau laptop. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  • Download lebih dulu aplikasi easy backup &restore menggunakan Play Store.
  • Install aplikasi lalu jalankan.
  • Apabila diminta membuat back up, tekan opsi “yes”.
  • Centang data file yang ingin di back up untuk mengkonfirmasi file yang akan diproses.
  • Pilih “Ok”
  • Pilih lokasi guna penyimpanan dara. Anda dapat memilih memori internal namun sangat disarankan untuk menggunakan SD Card dengan kapasitas yang cukup besar.
  • Pilih letak folder yang Anda inginkan.
  • Tentukan nama file backup (opsional) lalu pilih “Ok”.
  • Tunggu hingga seluruh proses telah selesai lalu pindahkan folder penyimpanan hasil dari back up ke PC atau perangkat komputer Anda.

Sebenarnya, easy back up bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk mengamankan data. Anda, juga bisa menggunakan sejumlah aplikasi lainnya yang terdapat di Google Play Store. Sebut saja seperti My Back Up, JS Backup, App Backup dan sejenisnya.

Setiap aplikasi tersebut, pada dasarnya memerlukan prosedur atau alur yang sama. Untuk itu, Anda bisa mengikuti alur yang tertera di atas sebagai rujukan dalam proses pengamanan data.

Di sisi lain, terdapat pula aplikasi sejenis yang membutuhkan akses root seumpama titanium backup. Kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini terletak pada kapasitas pengamanannya yang memungkinkan backup game dengan kapasitas yang cukup besar.

Hal ini diperlukan bagi Anda yang para gamer, karena aplikasi biasa tak cukup bisa mem-backup atau sejenis non root lantaran hanya mengamankan aplikasinya saja.

Itulah cara backup data android ke PC yang dapat Anda ikuti. Selama proses tersebut dijalankan dengan benar, Anda bisa mengamankan data yang dimiliki dengan cepat dan aman. Semoga berhasil!

Bagikan:
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.