Biaya Kuliah Universitas Terbuka (UT) Periode 2019 / 2020

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi namun terkendala waktu karena sibuk bekerja. Kamu bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di Universitas Terbuka.

Universitas terbuka (UT) adalah sebuah lembaga pendidikan negeri yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka. Jarak jauh disini artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara remote tanpa harus bertatap muka. Tanpa harus bertemu dengan dosen dan repot-repot datang ke kampus, sehingga kamu bisa melakukan kegiatan perkulihan dirumah, cafe maupun kantor.

biaya kuliah universitas terbuka

Sedangkan makna terbuka disini artinya siapapun boleh mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Universitas Terbuka. Tidak ada batasan usia, tahun ijasah, waktu registrasi, masa belajar, dan frekuensi mengikuti ujian. Siapapun boleh mendaftarkan diri disini, namun calon mahasiswa tetap harus memiliki ijasah sekolah menengah atas (SMA / Sederajat).

Cara pembelajaran mahasiswa di Universitas Terbuka Jakarta wajib menggunakan media cetak (modul) dan non-cetak (audio, video, komputer, internet, siaran radio, dan televisi). Sistem ujiannya pun dilakukan secara jarak jauh, tidak ada pengawas dan kertas ujian.

Sekilas tentang Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang mengusung sistem pembelajaran jarak jauh.

Kemudian diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.

UT menyelenggarakan 31 Program Sarjana, 2 Program Diploma, dan 6 Program Magister dengan total menjadi 39 program studi.

Jika anda tertarik untuk menjadi mahasiswa UT dan mengikuti perkuliahan disana, anda dapat mendaftarkan diri secara online di alamat situs resmi UT https://sia.ut.ac.id/.

Adapun tata cara pendaftaran, dokumen persyaratan, dan biaya yang dibutuhkan calon mahasiswa baru UT adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana/Diploma dapat dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor atau Kampus UT terdekat. Cukup mengisi dan melengkapi dokumen persyaratan tanpa dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS.

2. Persyaratan Registrasi

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar di UT tahun 2019/2020 adalah sebagai berikut:

a. Program Diploma / S1 (Non FKIP)

  • 1 lembar fotocopy ijasah legalisir
  • 2 lembar foto ukuran 3 x 4 (warna latar belakang bebas)
  • 1 lembar foto ukuran 4 x 6 (warna latar belakang bebas)
  • 1 lembar fotocopy KTP
  • 1 lembar materai 6000 (untuk paket semester SIPAS)
  • 2 lembar materai 6000 (untuk paket semester Non-SIPAS)

b. Program S1 Pendidikan (FKIP)

Program pendidikan FKIP hanya bisa diikuti oleh guru.

Syaratnya sama seperti Non FKIP tapi ada beberapa dokumen tambahan sebagai berikut:

  • 1 lembar fotocopy SK pengangkatan guru dilegalisir minimal 1 tahun
  • 1 lembar surat keterangan mengajar dari kepala sekolah

Untuk yang ingin mengikuti perkuliahan program Magister anda harus menyelesaikan S1 terlebih dahulu.

3. Biaya Pendidikan

Sistem biaya perkuliahan di UT adalah Sistem Paket Semester (SIPAS) dan Non SIPAS.

Hitungan biaya Non SIPAS per SKS dikalikan jumlah SKS yang diambail tiap semester. Biaya per SKS tergantung program studinya yaitu Rp36.000 – Rp55.000. Sedangkan untuk SIPAS biayanya sudah ditetapkan.

Biaya SIPAS Non TTM bagi program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota adalah Rp1.750.000 per semester. Sedangkan Sipas Non TTM program Sarjana lainnya adalah Rp1.300.000 per semester.

Silahkan lihat selengkapnya di situs resmi Universitas Terbuka.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *