Site icon Kuma Blog

Biaya Kuliah Kedokteran UGM Per Semester 2022

Kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit para calon mahasiswa, karena prospek masa depannya yang cerah. Salah satu kampus yang menjadi incaran para lulusan SMU adalah  Universitas Gadjah Mada (UGM). Sehingga banyak yang merasa penasaran dengan biaya kuliah kedokteran UGM per semester 2022.

Karena biayalah yang menjadi penentu setelah menjalani perkuliahan di jurusan kedokteran ini. Apalagi biaya kuliah di kedokteran ini menjadi salah satu jurusan termahal dibandingkan dengan jurusan yang lainnya. Sehingga harus menyiapkan banyak uang sebelum memulai perkuliahan yang diharapkan.

Biaya Kuliah Kedokteran Ugm Per Semester

Di UGM, ini sendiri pembiayaan kuliah kedokteran pada umumnya menggunakan sistem UKT (uang kuliah tunggal). Dalam sistem seperti ini hanya sebagian saja biaya suatu program studi ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

Agar dapat lebih mencermati lagi maka dapat menyimak uraian dibawah ini yang dilansir dari laman resmi UGM. Dengan pengelompokan UKT pada Program Sarjana jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri TA 2021/2022 adalah sebagaimana yang terperinci dibawah ini:

  1. UKT 0 untuk Peserta Bidikmisi
  2. UKT I untuk peserta yang  Berpenghasilan kurang dari Rp500.000
  3. UKT II untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp500.000 – Rp2.000.000
  4. UKT III untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp2.000.000 – Rp3.500.000
  5. UKT IV untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp3.500.000 – Rp5.000.000
  6. UKT V untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp5.000.000 – Rp10.000.000
  7. UKT VI untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp10.000.000 – Rp20.000.000
  8. UKT VII untuk peserta yang Berpenghasilan antara Rp20.000.000 – Rp30.000.000
  9. UKT VIII untuk peserta yang Berpenghasilan lebih dari Rp30.000.000

Semantara itu mengenai besaran UKT untuk setiap jurusan juga tidak selalu sama. Bisa dilihat dari rincian UKT jurusan Pendidikan Dokter UGM dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 6949/UN1.P/KPT/HUKOR/2021:

  1. UKT I membayar sebesar Rp500.000
  2. UKT II membayar sebesar Rp1.000.000
  3. UKT III membayar sebesar Rp7.250.000
  4. UKT IV membayar sebesar Rp10.875.000
  5. UKT V membayar sebesar Rp14.500.000
  6. UKT VI membayar sebesar Rp18.125.000
  7. UKT VII membayar sebesar Rp22.500.000
  8. UKT VIII membayar sebesar Rp26.000.000

Demikianlah rincian biaya kuliah kedokteran UGM per semester 2022 yang dapat Anda pelajari sebelum mendaftar. Sehingga dapat mempunyai gambaran mengenai berapa saja keuangan yang harus dipersiapkan sebelum menjadi mahasiswa kedokteran UGM.

Baca Juga :

Hal Yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Kedokteran

Untuk dapat memperoleh bangku sebagai mahasiswa kedokteran, Anda harus mempunyai perjuangan yang cukup berat. Karena materi akan dipelajari di jurusan kedokteran biasanya cukup menantang. Bahkan, prodi tersebut terkenal sangat kompetitif, sehingga setiap mahasiswa berjuang untuk menjadi calon dokter terbaik di angkatannya.

Nah agar perjalanan Anda menjadi mulus ada beberapa hal yang harus Anda kuasai sebagaimana berikut ini:

1. Nilai yang baik pada pelajaran kimia, fisika, dan matematika

Nah sebagai calon dokter Anda harus mempunyai minat dan nilai yang cemerlang pada pelajaran IPA  yang paling utama. Namun juga harus mempunyai nilai yang baik pada pelajaran  kimia, fisika, dan matematika.

Karena pada saatnya nanti belajar di kampus tiga bidang ilmu ini akan sangat berkaitan dan penting untuk dijalankan. Untuk itulah Anda harus memahami konsep pelajaran kimia, fisika, dan matematika sehingga dapat bisa memahami interaksi dan reaksi yang terjadi di dalam tubuh.

Contohnya adalah ketika Anda harus memahami reaksi kimia yang memicu proses biologis hingga dosis obat yang tepat untuk menghasilkan reaksi yang diinginkan. Contoh lainnya ketika konsep fisika kuantum yang perlu dikuasai untuk memahami cara kerja alat x-ray, serta konsep vektor untuk memahami sistem EKG dan alat rekam jantung.

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai dokter alangkah baiknya Anda meningkatkan pemahaman kimia, fisika dan matematika tersebut. Sehingga saat menjadi mahasiswa kedokteran nanti sudah mempunyai bekal yang cukup dan tidak merasa kesulitan lagi.

2. Memiliki kemampuan untuk berpikir logis dan sistematis

Kemudian kemampuan yang lainnya adalah berpikir sistematis dalam keseharian. Karena nantinya  setiap sel dan sistem yang ada pada dalam tubuh manusia saling berhubungan dan bahkan bergantung satu sama lain.

Ibaratnya mesin pabrik yang dapat bekerja dengan baik pada alur tertentu untuk menghasilkan produk, begitu juga halnya dengan tubuh manusia. Yang membutuhkan skill berpikir menyeluruh dan sistematis agar kelak Anda dapat memahami dan menganalisisnya dengan baik.

Keahlian seperti ini sangatlah penting untuk dimiliki mahasiswa pada prodi kedokteran. Karena nantinya tidak hanya memahami materi-materi perkuliahan yang cukup sulit saja. Namun juga harus mampu untuk mengatur jadwal perkuliahan yang cukup padat.

3. Mempunyai Kemampuan berbahasa Inggris yang baik

Selain mengetahui biaya kuliah kedokteran UGM per semester 2022 ini calon mahasiswa juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup mumpuni. Meskipun nantinya perkuliahanakan dipandu dengan bahasa Indonesia, namun kemampuan berbahasa Inggris yang baik tetap wajib untuk dikuasai.

Hal ini disebabkan karena pada jurusan ini menggunakan banyak buku dan teori yang dimuat dalam bahasa Inggris, sesuai ujaran MTU. Selama ini belum ada terjemahannya dikarenakan proses untuk menerjemahkannya akan memakan waktu yang sangat lama.

Sehingga ketika Anda tidak mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik sudah pasti akan ketinggalannya jika menunggu terbitan buku berbahasa Indonesia. Sementara itu akan terbit buku baru dengan tambahan ilmu dan teori baru yang berhasil menyanggah teori lama. Demikianlah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum anda berniat ingin menjadi mahasiswa kedokteran UGM. Lengkap juga dengan rincian  biaya kuliah kedokteran UGM per semester 2022 yang harus dipersiapkan oleh orangtua Anda sebagai biaya kuliahnya.

Bagikan:
Exit mobile version