9 Kelebihan Kekurangan Smartphone POCO F2 Pro, Harga dan Spesifikasi

Menjadi salah satu produk yang bernilai di pasaran Poco tak lelah untuk terus mengeluarkan produk-produk andalan mereka diberbagai lini, terutama di lini flagship. Nah setelah penantian yang cukup panjang, Xiaomi akhirnya resmi memboyong smartphone Android andalan mereka yakni Poco F2 Pro ke Indonesia  pada Juli 2020 lalu.

Bagaimana tidak penantian panjang ini ditunggu sejak 2018 saat rilisnya smartphone pertama dari Poco yakni Pocophone F1, dan kini hadirnya F2 Pro kabranya akan kembali menjadi true flagship killer dikalangan para kompetitor.

kelebihan dan kekurangan poco F2 Pro

“Poco F2 Pro, true flagship killer, telah datang kembali ke indonesia membawa peningkatan perfroma, desain, dan kamera” ucap Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.

Pada smartphonenya ini Xiaomi memasukkan cip terkencang, inovasi desain kamera pop-up,  serta fitur-fitur pelengkap yang mendukung, beberapa aspeknya pun turut menjadi keunggulan dari samrtphone ini. Nah untuk lebih lengkapnya lagi kita akan membahas ulasan mengenai Poco F2 Pro dalam Kelebihan dan kekurangannya seperti dibawah ini.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO F3, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone POCO F2 Pro

Berada di kelas Flagship dengan harga yang cukup mahal, apakah ini setara dengan keunggulan pada setiap aspek yang ditawarkan poco f2 pro. Nah untuk mengetahuinya paling lanjut yuk kita bahas saja hal ini lebih lengkap berikut ini.

1. Penawaran Layar AMOLED yang berkualitas

Layar AMOLED yang berkualitas poco F2 Pro

Layar menjadi aspek utama yang menjadi perhatian pengguna selain bodi smartphonennya, Kualitas layar yang unggul pastinya akan banyak disukai, terutama dengan spesifikasi layar kelas atas seperti yang dimiliki POCO F2 Pro seperti ini.

Nah smartphone ini secara khusus sudah dibekali dengan panel IPS LCD yang sangat berkualitas dan memanjakan mata, bukan hanya itu juga layar dari Poco F2 Pro juga sudah dilapisi dengan kemampuan layar Super AMOLED yang memiliki kualitas tampilan serta kontras warna yang lebih baik lagi.

Dengan bentang layar sebesar 6,67 inci dan resolusi Full HD+ atau setara 2400 x 1080 piksel, kalau kita lihat-lihat layarnya juga terlihat sangat lapang sekali hal ini dikarenakan desain kamera pop-up yang artinya tidak ada frame kamera selfie yang nampak, secara spesifikasi Layarnya sudah cukup jempolan apalagi untuk bersaing dengan para kompetitornya diharga yang sama.

Tidak hanya itu saja sebenarnya, masih ada hal-hal menarik lainnya seperti dukungan teknologi HDR10+ yang akan membuat pengguna bisa menikmati pengalaman menonton film lewat smartphone dengan kualitas tampilan setara dengan TV Plasma terkini. Kecerhaan maksimal dari layarnya juga cukup tinggi lo, yakni menyentuh angka 854 nits, angka ini dua kali lipat lebih besar dibandingkan generasi Poco sebelumnya yakni Pocophone F1.

2. Inovasi desain baru dan kekinian

ketebalan 8,9mm dan berat 182gram poco F2 Pro

Apa yang kamu pikirankan ketika melihat seklias bentuk bodi belakang dari POCO F2 Pro ini? Kalau kita lihat bodi belakangnya meawarkan beberapa hal berbeda dan unik disana, yang pertama sebut saja desain frame kamera melingkar dengan permainan gradasi satu warna yang sangat elegan, ditambah lagi ada satu invoasi kamera selfie pop-up yang kerena menambah nilai premium dari smartphone ini.

Lanjut ke build quality yang ditawarkan POCO F2 Pro ini kepada para penggunanya, meskipun secara harga smartphone ini jauh lebih rendah dibanding kebanyakan pesaing utamanya, namun POCO F2 Pro nyatanya tetap memberikan yang terbaik dengan menawarkan build quailty yang premium dab berkualitas tinggi.

Smartphone ini memiliki ketebalan sekitar 8,9mm dan berat 182gram, tidak terllau tebal dan tidak terlalu berat, sangat pas digengam dan nyaman untuk digunakan dalam beraktivitas menggunakan gadget.

3. Dapur pacu unggulan dengan Snapdragon 865

Snapdragon 865 poco F2 Pro

Siapa sih saat ini yang tidak melihat jeroan smartphone ketika ingin membelinya? Pasti kebanyakan menanyakan dulu apa chipsetnya, berapa RAMnya, apa GPUnya, dan lain sebagainya. Intinya selain melihat luaran seperti Desain dan Layar, aspek perfroma juga menjadi hal vital ketika memilih smartphone.

Untungnya POCO F2 Pro ini sangat bagus untuk digunakan untuk aktivitas gadget yang membutuhkan performa, seperti bermain game ataupun multitasking tanpa takut lemot. Hal ini dikarenakan Xiaomi membekali produk barunya ini dengan salah satu chip terbaik dikelasnya yakni Snapdragon 765 dengan fabrikasi 7nm+.

Snapdragon 865 ini memiliki GPU Adreno 650 untuk menangani tugas0tugas grafis intensif, kemudian untuk CPUnya chip ini terdiri dari 1x Kryo 585 core yang berjalan pada 2,84GHz, 2x Kryo 585 yang berjalan pada 2,42GHz, dan terakhir 4x core yang sama dengan 1,8GHz.

Selanjutnya berlaih ke Penyimpanan, Chipset ini dipasangkan dengan RAM 6 GB (LPDD4x) dan 8GB (LPDD5x) serta untuk variasi internal storagenya adalah 128GB dan 256 GB yang perlu kamu tahu juga penyimpanan internalnya tidak diperluas dengan adanya slot tambahan microSD dalam arti tipe slotnya adalah Hybrid.

4. Baterainya yang Awet

baterai 4.700 mAh poco F2 Pro

Bukan lagi pertimbangan juga, mencari smartphone dengan kemampuan hemat daya yang pasti tentunya sudah menjadi prioritas tersendiri, hal ini karena aktivitas gadget kita sering kali menggunakan daya, baterai yang boros pastinya akan sangat membosankan sebab kita akan sering bolak-balik melakukan charging hanya untuk bermain smartphone.

Nah hal inilah muncul banyak smartphone-smartphone terkini yang membekali baterainya dnegan kapasitas besar dan kemampuan hemat daya. Seperti halnya pada smartphone yang kita ulas ini, nah POCO F2 Pro ditenagai oleh baterai Li-Po non-removeable berkapasitas 4.700 mAh, selain besar kapasitasnya baterai dari smartphone ini juga awet.

Dikutip dari situs resminya, Poco F2 Pro ini diklaim bisa bertahan selama 17 hari penuh dalam keadaan standby, ia juga bisa digunakan untuk bermain game penuh selama 13 jam. Bagaimana cukup menggiurkan bukan?

Selain itu juga untuk kemampuan pengisan baterai, Poco F2 Pro dibekali dengan teknologi pengecasan cepat hingga 33 dimana mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 65 menit saja.

5. Konfigurasi kamera yang lengkap dan berkualitas

sensor dari Sony IMX 686 poco F2 Pro

Baik kalian senang fotografi atau tidak, pasti ketika mencari smartphone baru tidak luput dalam melihat hasil tangkapan kameranya. Hal ini lumrah saja sebab di era yang modern saat ini pasti kita sering aktif bermedia sosial sehingga keperluan kamera yang berkualitas dan apik tidak diherankan lagi.

Nah selain dapat memberikan kemampuan perfroma unggulan, POCO F2 Pro juga menawarkan pengalaman yang berbeda utnuk para penggemar fotografi. Sebab kalau kita lihat secara seklias, selain menawarkan desain kamera yang premium, ternyata jeroan dari lensa kameranyajuga oke dan lengkap lo.

Dimana Poco F2 Pro memiliki konfigurasi Quad-Camera dengan masing-masing 64MP untuk lensa utamanya yang menggunakan sensor dari Sony IMX 686, ada juga lensa telephoto dengan resolusi 5 MP yang mampu menangkap foto dengan bidikan fokus yang tepat, 13MP untuk lensa ultra-wide yang bisa menangkap bidang pandang yang sangat luas yakni 123 derajat, serta terakhit ada lensa depth dengan resolusi 2MP.

Sedangkan untuk lensa selfienya sendiri, pasti kamu sudah tahu dimana letak ia berada. Nah berdesain pop-up, kamera selfie dari Poco F2 Pro ini memiliki resolusi sebesar 20MP. Hal spesial lainnya yang ada pada Kamera POCO F2 Pro ini adalah dukungan perekaman video yang beresolusi tinggi, yakni 1080p, 4K , dan bahkan sampai 8K!. Resolusi setara 8K ini benar-benar jarang ditemukan pada fitur kamera smartphone, dan ini adalah satu langkah inovasi yang sangat luar biasa pada kamera Poco F2 pro.

6. Memiliki Konektivitas yang Lengkap

teknologi NFC dan infrared poco F2 Pro

Selain memiliki banyak keunggulan pada banyak aspeknya seperti yang telah kita ulas diatas, Poco F2 Pro juga menawarkan sebuah hal yang jarang ada pada smartphone high-end yakni konektivitas yang lengkap, terutama yang mengejutkan adalah masih didukungnya audio jack 3,5mm yang banyak dicari oleh para pengguna.

Selain itu, Poco F2 pro juga menghadirkan teknologi NFC dan infrared pada smartphonennya.  Dimana NFC sangat berguna untuk yang suka melakukan transaksi digital dengan hanya menmepelkan smartphone dia ke alat scan, mengecek saldo, dan lain seagainya. Sedangkan untuk infrared akan sangat berguna untuk pengguna yang ingin membuat smartphonenya bisa difungsikan selyaknya remote.

Tidak sampai disitu saja, Poco F2 Pro juga hadir sebagai salah satu smartphone masa kini yang sudah mendukung koneksi 5G pada jaringannya dan juga WiFi 6 terbaru yang memiliki kecepataan donwload sampai 9,6 Gbps atau setara dengan 1,2 GB per seconds.

Kekurangan Smartphone POCO F2 Pro

Selain menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik, POCO F2 Pro ini tak semata-mata menjadi smartphone yang paling terbaik diantara yang lainnya. Nyatanya masih ada beberapa kekurangan yang terlihat dari produk Xiaomi ini.

1. Speaker masih mono

Memiliki kemampuan performa yang tinggi tentunya POCO F2 Pro banyak digunakan pengguna untuk bermain game, nah untuk lebih membuat pengalaman gaming menjadi lebih nyata pastinya diperlukan kualitas audio spekaer yang berkualitas pula.

Namun sayangnya untuk pengalaman audio Poco F2 Pro ini tidak terlalu bagus, sebab ia hanya mengandalkan  satu spekaer saja yang berada dibawah bodinya, padahal ada banyak sekali smartphone yang sudah menerapkan dual audio speaker yang lebih berkualitas pada kebanyakan smartphone baik itu seri entri sampai bahkan flagship.

Jadi saran saja untuk mendapatkan pengalaman audio yang lebih berasa, kamu bisa memanfaatkan headset untuk mendapatkan output stereo audio yang akan menambah keseruan kamu dalam bermain game.

2. Belum ada Wireless Charging

Cukup disayangkan juga smartphone high-end seperti Poco F2 pro ini belum didukung dengan teknologi charging masa kini berbasis wireless, walau sudah dibekali dengan kemampuan fast charging ayng cukup kencang rasanya kurang kalau belum ada dukungan dari wireless charging yang mampu mengisi daya baterai secara nirkabel.

Padahal kalau kita lihat di pasar, ada banyak smartphone yang membekali wireless charging pada ponselnya. Dimana kamu bisa dengan mudah dan praktis mengisi daya tanpa harus repot-repot mencolokkan kabel ini itu ke adapter.

3. Tidak hadir dengan Refresh rate yang tinggi

refresh rate 60Hz poco F2 Pro

Padahal aspek layar termasuk dalam keunggulan Poco F2 Pro ini, tetapi karena refresh ratenya yang masih kurang tinggi yakni hanya ada di standar 60Hz saja tentunya menjadi sebuah kekurangan.  Dengan laju penyegaran sebesar ini setiap konten yang ditampilkan tentu tidak bisa sepenuhnya maskimal selayaknya 90Hz atau 120Hz.

Dengan bandrol harga yang lumayan, Poco F2 Pro ini bisa saja lo mendapatkan kemampuan refresh rate hingga 120hz pada spesifikasi layarnya, sehingga bisa membuat pengalaman display menjadi lebih immersive.

Bagaimana tidak banyak juga smartphone dengan harga yang lebih murah yang bahkan sudah menyajikan pengalaman dispay 120Hz, seperti contoh Redmi Note 10 pro, POCO X3 Pro, POCO X2, Realme Narzo 30 pro, Mi 10i, dan masih banyak lagi.

4. Kemampuan Zoom kurang Baik

Seperti halnya tadi, walaupun kita menemukan keunggulan pada aspek kamera dari Poco F2 Pro ini tetapi sangat disayangkan fitur yang ada didalamnya masih sangat minim, terutama fitur Zooming yang terkesan biasa saja dan ketinggalan dari para kompetitor lainnya.

Bagaimana tidakbeberapa smartphone seperti Realme X3 atau Huawei P40 Pro bahkan sudah membekali smartphonennya dengan spesifikasi fitur zoom yang canggih dan mampu membidik objek hingga 60 kali pembesaran.

Ada smartphone yang lebih murah namun menawarkan kemampuan zoom yang luar biasa menjadi seperti sebuah benang hitam pada Poco F2 Pro karena ketinggalannya teknologi zoom yang dimilikinya. Ya walaupun begitu ini masuk ke opsional sebab ada pengguna yang membutuhkan kamera dengan zoom super ada juga yang bahkan tidak memerlukan, jadi bagian ini bisa masuk ke masing-masing.

Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

  • Nama : POCO F2 Pro
  • Rilis: Juli 2020
  • Bobot : 219 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.67 inci, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 87,2%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Chipset :  Qualcomm Snapdragon 865 5G (7 nm+)
  • GPU :  Adreno 650
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 5 MP (telephoto macro), 13 MP (ultrawide), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : Motorized pop-up 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4700 mAh non-removable, Fast Charging 33 W

Kesimpulan

Memilih smartphone bukan sekedar asal lalu dapat, sebab perlu pertimbangan yang benar-benar untuk mendapatkan smartphone yang berkualitas dengan harga yang murah tetapi tidak murahan. Setiap aspek-aspek yang ada juga perlu kita perhatikan sebagai pertimbangan untuk memilihnya.

Kalau secara keseluruhan, Xiaomi Poco F2 Pro ini cukup diacunggi jempol sebagai smartphone high-end dengan berbagai keunggulan seperti yang ditawarkannya sehingga membuat smartphone ini tampak unggul dimata pengguna, bayangkan saja kamu bisa merasakan kemmapuan chip terkencang Snapdragon 865, Kamera berteknologi canggih, Baterai yang awet, pengisan ulang yang cepat, layar yang berkualitas, desain bodi yang apik, dan lain sebagainya.

Sebagai lanjutan generasi dari Pocophone F1, Produk Xiaomi kali ini sudah sangat pas untuk mengungguli generasi sebelumnya, wajar saja ada banyak peningkatan yang terlihat setelah dua tahun lamanya menunggu.

Ya walau masih ada beberapa aspek yang menjadi kekurangan, itu wajar saja tidak semua smartphone memiliki banyak keunggulan tanpa adanya kekurangan, pasti ada saja kekurangan yang selalu terlihat.

Pada halaman MI Store, Poco F2 Pro ini dijual dalam dua varian smartphone yakni RAM 6GB+128GB dengan harga Rp6.999.000 dan varian dua ada RAM 8GB+256Gb dengan harga Rp7.999.000. Sedangkan untuk pilihan warna ada beberapa pilihan seperti warna Blue, Grey, Purple, dan White.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.