Site icon Kuma Blog

8 Perbedaan HP Xiaomi Redmi Note 10, Note 10 Pro dan Note 10s

Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone yang aktif dalam merilis setiap perangkat smartphoenya, Sebut saja Redmi Note. Yang kini sudah sampai di generasi ke 10, dan disetiap serinya tentu memiliki versi yang berbeda-beda. Ini dilakukan Xiaomi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Permintaan pengguna juga menjadi salah satu faktor, inilah yang membuat Xiaomi terus dan terus memperbarui setiap seri smartphonenya agar tetap menjadi vendor yang dicintai para penggemarnya.

Oke ditahun 2021 ini Redmi Note merilis generasi terbarunya yakni Redmi Note 10 series. Yang pertama dirilis pada akhir Maret 2021 lalu, dan terbukti laku di pasaran. Bahkan nih dalam konferensi pers online Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyebutkan bahwa Xiaomi berhasil menjual smartphone Redmi Note 10 series sebanyak 250.000 unit di pasar indonesia, seperti setiap serinya smartphone ini menonjolkan jargon Jawaranya AMOLED, karena dari ketiga serinya yang telah rilis ketiganya dibekali dengan panel tipe AMOLED yang terkenal dengan kejernihan dan ketajamannya.

Saat ini ada tiga seri pada generasi baru ini, yakni Redmi Note 10, Redmi Note 10 Pro, dan yang terbaru adalah Redmi Note 10s. Ketiga smartphone tersebut tentu sangat berbeda, baik dari segi spesifikasi maupun harga. Oleh karena itu dibawah ini kita akan bandingkan nih ketiga model tersebut, kita buat acuan mulai dari fitur-fiturnya, ukuran layar, kamera, prosesor,  baterai, dan lain sebagainya.

Oke Tidak perlu lama-lama langsung saja kita bahas nih berbedaan ketiga smartphone tersebut, menurut beberapa aspek berikut ini.

1. Daya tarik Desain

Untuk Redmi Note 10 mungkin sebagai smartphone dari seri ini yang pertama rilis, cukup memberikan pondasi untuk rilisan versi-versi terbarunya. Pilihan varian warna yang cukup ikonik di tunjukan oleh Redmi Note series ini, kesan simple da indah sangat lekat.

Kita bahas dulu persamaan dari ketiga seri Note ini, seperti persamaan pada varian warna yang selalu ada yakni Onyx Gray. Penggunaan Gorilla Glass, walau di seri Pro sudah menggunakan versi 5. Sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang artinya mampu mencegah smartphone dari kerusakan yang disebabkan karena debu, tetesan hujan, maupun percikan air. Hal lainnya yang sama adalah Konfigurasi kamera yang ditata secara sama dengan Quad-camera, Adanya logo “Redmi” di pojok kiri yang lumayan berukuran kecil (hal ini beda dengan Produk xiaomi lainnya yang biasanya menonjolkan logo Redmi dengan jelas dan besar).

Nah kita mulai bandingkan nih, apa sih berbedaan dari Ketiganya. Oke kita bahas secara lengkap dibawah ini.

Berat samrtphone, ketiganya memiliki berat yang berbeda-beda. Redmi Note 10 dengan 178,8 gram, Redmi Note 10 Pro memiliki berat 193 gram, dan untuk Redmi Note 10S memiliki 178,8 berat smartphone sama seperti pendahulunya. Saya anggap berat yang paling ringan adalah yang lebih baik, sebab pernagkat dengan berat ringan akan lebih nyaman dibawa keman-mana maupun digenggam.

Tebal smartphone, Redmi Note 10 dengan 8.3 mm ketebalan, Redmi Note 10 Pro memiliki 8.1 mm, dan Redmi Note 10s dengan 8.3 mm. Tentu yang paling unggul adalah yang paling tipis, sebab semakin tipis sebuah smartphone maka akan semakin nyaman pula ketika digenggam, ketipisan juga menjadi hal yang disorot belakangan ini oleh pabrikan smartphone.

Lebar smartphone, Redmi Note 10 memiliki lebar 74.5mm dan tinggi 160.5mm, Xiaomi Redmi Note 10 Pro dengan 76.5mm lebar dan 164mm tinggi, dan Redmi Note 10s dengan 74.5mm dan tinggi 160.55 yang sama persis dengan pendahulunya. Lebar ini menujukkan dimensi horizontal smartphone sedangkan untuk tinggi adalah dimensi vertikal, ukuran lebih kecil mungkin lebih baik karena memudahkan kita dalam memanuver smartphone untuk kegiataan sehari-hari.

Kalau kita bandingkan dari ketiga smartphoen tersebut, secara garis besar memang ketiganya tidak jauh berbeda. Hanya saja Redmi Note 10 pro dimensinya lebih besar saja ketimbang dua saudaranya.

2. Kualitas Layar

Dari ketiga seri Redmi Note 10, ketiganya menggunakan jargon yang sama yakni Jawarannya AMOLED. yang artinya semua seri sama-sama menggunakna panel AMOLED yang super canggih. Hanya saja spesifikasinya berbeda-beda, oke kita bahas ini.

Kita bahas dulu ya persamaan dari ketiga smartphone ini. Yang pertama, resolusi layar yang  sama-sama menggunakan ukuran 1080 x 2400 piksel, resolusi ini mendandakan jumlah maksimal setiap piksel yang dapat ditampilkan pada layar, hal ini dinyatakan sebagai jumlah piksel pada sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Layar AMOLED, seperti yang sudah saya singgung diatas ketiganya sama-sama memiliki panel dengan tipe AMOLED, jadi panel ini memiliki rasio kontras yang lebih tinggi dan sudut pandang yang lebih lebar juga dibandingkan panel LCD pada umumnya.

Selanjutnya adalah Rasio Kontras, ini adalah jarak visual antara warna paling terang dengan warna paling gelap yang dihasilkan layar. Ketiganya sama-sama memiliki rasio 4500000:1. Lebih tinggi rasio makan akan semakin baik, sebab warna gelap yang dihasilkan lebih kaya dan gradasi warna lebih khas.

Oke kita akan bahas perbedaannya, pertama adalah Kerapatan piksel (pixel desity). Kerapatan piksel adalah ukuran dari resolusi layar yang dinyatakan dalam jumlah piksel per inci (PPI). Lebih tinggi kerapatan layar maka gambar yang ditampilkan akan lebih tajam dan jernih pula. Pada aspek ini mungkin yang paling unggul adalah Redmi Note 10 dan Note 10S, sebab mereka sama-sama menggunakan 409ppi, sedangkan Note 10 pro hanya 395ppi saja.

Ukuran layar, semakin besar ukuran tentu akan semakin baik pula pengalaman pengguna dalam aktivitas sehari-harinya. Xiaomi Redmi Note 10 pro unggul dalam hal ini, yakni dengan ukruan 6.67 inci, sedangkan kedua saudaranya hanya menggunakan 6.43 inci saja.

Pelindung kaca, Corning Gorilla Glass. adalah sebuah teknologi pelindung kaca antipecah yang dapat melindungi sebuah pernagkat dari kerusakan atau tekanan. Lebih tinggi versinya tentu akan lebih bagus, sebab dari waktu kewaktu Gorilla glass ini terus diupdate. Note 10 dan 10s Kompak menggunakan Gorilla Glass 3, dan untuk Note 10 pro sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5.

Refresh Rate, Semakin tinggi refresh rate maka akan semakin baik pula pengalaman display kamu, Sebab lebih tinggi angkanya maka akan semakin sedikit pula kedipan, jadi representasi gerakan semakin alamiah dan halus. Untuk hal ini Redmi Note 10 pro unggul dengan Refresh rate  120Hz, sedangkan kedua lainnya hanya ada diangka 60Hz saja.

Kecerahaan layar, Nit adalah ukuran cahaya yang dipancarkan suatu layar. Layar dengan nit lebih tinggi maka akan semakin cerah dan akan membuat pengguna merasa puas. Redmi Note 10 Pro lagi-lagi unggul pada aspek layar, yakni dengan tingkat kecerhaan 1200 nits, sedangkan kedua seri lainnya hanya 1100 nits saja. Mana yang lebih unggul? saya memutuskan yang lebih unggul adalah Redmi Note 10 pro. Dengan alasan ukuran dimensi layar yang lebih besar, Refresh rate yang lebih tinggi, dan proteksi layar yang lebih kokoh.

3. Kemampuan Kamera

Mungkin banyak yang tidak sabar membandingkan ketiga smartphone ini pada aspek kamera, Ya tahu sendiri bahwa kamera adalah salah satu komponen wajib untuk setiap smartphone tentu semakin berkualitas kameranya maka akan semakin puas pula para penggunanya. Sebenarnya kalau kita gambarkan, ketiganya sama-sama menggunakan lensa kamera berkualitas dan mampu menangkap foto dengan baik.

Nah pertama kita akan membahas dulu nih apa saja sih persamaan dari Note 10 vs Note 10 pro vs Note 10s kalau dilihat dari aspek kameranya? Nah ketiganya sama-sama menggunakan konfigurasi yang sama yakni Quad-camera (empat lensa kamera), Sama-sama tidak Mempunyai penstabilan gambar optik bawaan yang artinya setiap blur yang ditangkap kamera akibat gerakan akan dikoreksi terlebih dahulu sebelum sensor menangkap gambar dengan sempurna (Sayangnya semua tidak memiliki ini), perekaman video dengan kamera utama mencapai resolusi maksimum 2160x30fps, Memiliki Mode HDR default, Memiliki sensor CMOS, Dukungan perekaman video Slow montion, Memiliki fokus manual mapun auto, Jumlah LED flash 2, Bukaan kamera depan f/2.5, dan lain sebagainya.

Oke untuk perbedannya adalah, tentu saja resolusi dari masing-masing lensanya baik depan maupun belakang. Oke pertama unutk Redmi Note 10 menggunakan 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP, selanjutnya untuk Note 10 pro memiliki 108 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP, dan terakhir Note 10S memiliki 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Jumlah megapiksel yang lebih tinggi tentu mampu menangkap gambar dengan lebih detail dan kualitasnya lebih bagus, Sudah bisa tebak tentunya yang mana paling unggul, Yhap Redmi Note 10 Pro yang memiliki lensa utama dua kali lipat dari Note 10 pendahulunya, yakni 108 MP.

Resolusi kamera depan, kedua smartphone yakni Note 10 dan Note 10s memiliki resolusi yang sama yakni 13 MP. Sedangkan Note 10 pro lebih tinggi yakni 16 MP.

Kesimpulannya, mana yang lebih unggul. Jelas saja saya cukup senang dengan konfigurasi yang ada pada Redmi Note 10 pro, selain memiliki kamera utama 108 MP ia juga memiliki keunggulan pada lensa makronya yang mampu menangkap foto dari jarak yang dekat dengan memperhatikan setiap detail gambarnya.

4. Kapasitas Baterai, Daya tahan beterai, dan Pengisan Ulang

Aspek baterai juga tidak kalah penting lo dikalangan para pengguna smartphone, bagaimana tidak setiap aktivitas yang kita lakukan dengan samrtphone pasti selalu ada kaitannya dengan baterai kan? nah maka kapasitas ini menjadi hal yang lumrah untuk kita bahas, semakin besar kapasitas tentu akan semakin membuat puas para penggunanya.

Pertama kapasitas, Xiaomi Redmi Note 10 Pro memiliki kapasitas diatas kedua pendahulnya dengan 5020 mAh sedangkan keluarga lainnya hanya 5000 mAh. Mungkin tidak terlalu mencolok, saya juga cukup kurang puas dengan 5020 yang pasang ke Note 10 pro sebab dengan harga jual yang cukup jauh denagn pendahulnya tentu pembaruan kapasitas bateri seharusnya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Daya tahan baterai, Menurut data yang saya ambil dari Dxomark.com menyebutkan bahwa Xiaomi Redmi Note 10 memiliki daya tahan baterai selama 2 hari 21 jam sedangkan untuk Note 10 pro mencapai waktu 2 Hari 19 jam. Kok lebih lama yang Note 10 sih? oke jadi daya tahan baterai ini sebenarnya bukan mengacu pada besarnya kapasitas, melain juga arsitektur atau jeroan yang turut hadir didalamnya, seperti contoh penggunaan Panel AMOLED, penggunaan chipset, Refresh rate, dan lain sebagainya.

Pengisian ulang, ketiga smartphone ini sama-sama dibekali dengan teknologi Fast Charging dengan daya sebesar 33 W jadi semua memiliki rentang pengisisan yang sama. Dari data yang saya kutip dari c.mi.com (https://c.mi.com/thread-3663589-1-0.html)  tentang seberapa lama fast charging 33 W bisa mengisi daya. Hasilnya, dalam waktu 20 menit smartphone mampu mengisi daya sampai 26%, menuju ke 46 menit dan daya ternyata sudah 56%, sampai di menit ke 76 menit daya sudah ada di angka 82 %. Akhirnya daya sampai di 100% dalma waktu 1 jam 54 menit. (pengujian untuk Xiaomi Redmi Note 10 yang memiliki kapasitas 5000 mAh).

Jadi mana nih yang paling bagus? susah untuk memutuskan mana yang lebih baik, namun menurut laman Versus.com ketika membandingkan ketiga smartphone ini. Aspek baterai sama-sama mendapatkan 61 point yang artinya tidak ada yang jauh berbeda ketika membandingkan aspek ini pada ketiga smartphone, jadi ya Standar dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Kinerja, mana yang lebih baik?

Smartphone diseri Redmi Note 10 memang memiliki kinerja dan performa yang cukup bagus bahka diatas kertas untuk smartphone lain di kelas harga yang sama. Kinerja ini tentu berpacu pada beberapa hal, seperti chipset, RAM, GPU, dan lain sebagainya. Nah dibawah ini kita bahas yuk kinerja dari masing-masing smartphone Redmi Note 10 series, mana sih yang lebih baik? Chipset, Xiaomi Redmi Note 10 ditenagai dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 678, sedangkan Redmi Note 10 Pro memiliki Qualcomm Snapdragon 732G, dan Redmi Note 10S memiliki chipset yang berbeda dan tidak menggunakan Qualcomm, ia menggunakan MediaTek Helio G95. Dari ketiga chipset tersebut, yang paling baik dan kencang adalah MediaTek Helio G95.

Mengapa Helio G96 lebih baik?

Mana nih yang paling bagus kinerjanya? Kalau kita lihat dari segi teknis, tentu Smartphone Xiaomi Redmi Note 10S unggul untuk urusan performa karena ia menggunakan chipset terbaik dari MediaTek Helio G95. jadi samrtphone ini juga sangat cocok untuk kamu yang notabennya sering bermain game-game berat, atau menggunakan smartphone untuk multitasking.

6. Fitur pendukung

Yang akan kita bandingkan selanjutnya adalah fitur-fitur yang ada diketiga smartphone ini, Walau hadir sama disatu keluarga yakni Redmi Note 10 series, nyatanya tidak membuat seri ini memiliki fitur dan teknologi yang sama. Wajar saja ketiganya berbeda, sebab rentang harga yang ditawarkan juga bervariasi dnatara ketiga smartphone ini. Oke dibawah ini kita akan bandingkan nih apa saja sih fitur yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh Note 10 vs Note 10 Pro vs Note 10s.

Dukungan Wi-Fi 5 (802.11ac), Ketiga seri smartphone ini sama-sama bekerja di Wireless 802.11ac dan bekerja pada rentang frekuensi 5GHz. Ini menawarkan kecepatan transfer yang lebih tinggi, lebih handal, dan kosumsi daya juga lebih efesien. Tentu koneksi ini sangat cocok untuk bermain game maupun stremming video HD.

Versi Bluetooth, seperti yang kita tahu Bluetooth adalah standar teknologi wireless yang memungkinkan antar perangkat bisa saling transfer data dalam jarak yag dekat, ini dilakukan dengan menggunakan gelombang radio frekuensi ultra-high dengan panjang gelombang pendek. Xiaomi Redmi Note 10 pro dan 10S sama-sama memakai versi Bluetooth 5.1 sedangkan Xiaomi Redmi Note 10 hanya di versi 5. Versi yang lebih baru tentu menyediakan kemampuan transfer data yang lebih ngebut.

Side Fingerprint, persamaan lainnya juga hadir pada pengaman sidik jari. Dimana ketiganya hadir dengan Side Fingerprint, atau sidik jari yang ada di samping bodi smartphone. Tentu ini akan memudahkan kita, dan jujur saja juga lebih menyukai tipe fingerprint ini.

Konektivitas NFC, adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat seperti smartphone bisa melakukan transaksi online secara wireless. Hanya Xiaomi Redmi Note 10 saja yang tidak didukung oleh NFC, dua lainnya sudah mendukung fitur ini.

Slot microSD (dedicated slot), artinya kamu bisa menyimpan dua kartu simCard sekaligus dengan tambhan microSD. Semua smartphone di seri Note 10 sudah menggunakan tipe slot ini.

USB Type-C, tipe ini memiliki orientasi steker dan arah kabel yang dapat dibalik, jadi kamu tidak perlu takut keliru ketika memasangnya. Selain itu kemampuan transfer data juga lebih cepat hingga 10Gbps. Semua seri smartphoen Note 10 mendukung USB tipe C.

Speaker Streo,adalah sebuah kualitas suara pada sebuah perangkat seperti smartphone yang menciptakan ilusi perspektif audio multiarah, dengan sumber audio yang berbeda dayang dari arah yang berbeda pula, ini membuat kualitas audio menjadi natural. Sama seperti sebelum-sebelumnya, ketiga smartphone Note 10 series menggunakan teknologi Speaker Streo.

7. Spesifikasi Lengkap

Untuk kamu yang ingin langsung mengetahui kesimpulan spesifikasi dari Redmi Note 10 & Note 10 Pro & Note 10S, bisa lihat rangkuman dibawah ini.

Spesifikasi Redmi Note 10

Baca Juga : 6 Rekomendasi HP Snapdragon 662 Terbaik

Spesifikasi Redmi Note 10 Pro

Spesifikasi Redmi Note 10S

8. Perbedaan Harga

Ketiga smartphone ini Redmi Note 10, Note 10 Pro, dan Note 10S sama-sama memiliki dua varian smartphone yang masing-masing memiliki harga spesifikasi RAM dan memori internal yang berbeda. Dibawah ini adalah perbandingan harganya :

Xiaomi Redmi Note 10

Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Xiaomi Redmi Note 10S

Kesimpulan

Oke dari pembahasan semua aspek yang sduah kita bandingkan dari ketiga smartphone diatas yakni Redmi Note 10 vs Note 10 Pro vs Note 10s. Menurut saya semuanya tetap sama pada beberapa aspek dan fiturnya, mungkin yang menjadi pondasi untuk seri-seri berikutnya adalah Redmi Note 10, namun kadang pada beberapa hal seri ini juga lebih baik dari keduanya.

Lalu mana yang paling direkomdasikan nih? Sulit untuk memutuskan semua ini, saya tidak berpihak pada ketiga seri samrtphone diatas, namun yang paling unggul untuk urusan teknis tentu saja Redmi Note 10 pro, selain harganya yang lebih mahal dari yang lainnya. Seri yang ini juga cukup unggul pada beberapa aspek.

Namun dibawah ini kita akan berikan kesimpulan nih dari beberapa ulasan yang kita bahas diatas, seperti Desain, layar, Kinerja, dan lain sebagainya. Data ini saya ambil dari Versus.com

  1. Desain, semua memiliki poin yang sama dan ada yang lebih unggul antara mereka. (54 poin).
  2. Layar, Redmi Note 10 Pro unggul dari kedua saudaranya. (61 vs 75 vs 52).
  3. Kinerja, Redmi Note 10S unggul dengan 86 poin. (81 vs 77 vs 86).
  4. Kamera, Redmi Note 10 pro unggul dengan 74 poin. (72 vs 74 vs 70).
  5. Baterai, Ketiga smartphone sama memiliki 64 poin.
  6. Fitur, Redmi Note 10 dan 10 Pro lebih unggul dengan 80 poinnya. (80 vs 80 vs 78)

Nah itulah perbandingannya, kamu bisa putuskan sendiri mana yang lebih baik dan lebih cocok untuk kamu bawa pulang.

Bagikan:
Exit mobile version